Kali ini kita akan membahas tentang cara pemilihan bibit tabulampot alpukat. Alpukat khusus untuk tabulampot yang harus diperhatikan adalah bibit berkualitas. Carilah bibit alpukat yang genjah ( cepat berbuah ) sesuai dataran tempat tinggal. Kemudian cari bibit dari hasil sambung dini / dari sambungan dari permukaan tanah kurang lebih 5 cm / 10 cm supaya dia rimbun dibawah dan tidak menjulang tinggi. Gunakan juga pot yang agak besar supaya tidak mengganti saat itu, kalau tidak ada bisa menggunakan pot standar supaya cukup perakarannya / biar bebas akar nya. Juga gunakan media dengan perbandingan 2 : 1, tanah nya 2 sekamnya 1 karena untuk penyetressanya sangat gampang.

Teknik Penyetresan Agar Alpukat Tabulampot Cepat Berbuah

Langkah penyetressan sangat mudah yaitu kita siram sedikit saja supaya tanaman itu berdiri lagi, ketika layu kita siram dikit lagi terus sampai satu bulan full. Setelah satu bulan berikutnya anda bisa siram full sampai air keluar dari pot, baru tanaman itu insya Allah akan bunga tanpa pacuan sama sekali.

tabulampot alpukat

Tabulampot Alpukat Mulai Tumbuh

Kita lihat gambar diatas, itu adalah bibit alpukat tanaman rendah, hasil dari tanah 5 cmn dari permukaan media dia sudah bercabang dua otomatis tanaman bagian atas sudah rimbun. Media menggunakan perbandingan 2 : 1 ( 2 tanah dan 1 sekam ). Ukuran pot juga harus sesuai. Tabulampot diatas kalau diperhatikan sudah rimbun dan bagus jadi kalau kita lihat daun pupus muda mulai tumbuh.

Cara Perawatan Tabulampot Alpukat

Untuk perawatannya pagi hari harus disiram full. Kemudian semprot daun menggunakan pupuk pertumbuhan (lebih baik menggunakan organik). Satu bulan sekali kita juga kasih NPK, dan dua bulan sekali dikasih pupuk Kandang.

Demikian tutorial cara memilih bibit unggul alpokat khusus tabulampot, semoga teman-teman semangat untuk bercocok tanam, bagi yang punya lahan bisa berkebun, bagi yang lahannya terbatas bisa menggunakan tabulampot. Semoga bermanfaat dan maju terus pertanian Indonesia.