Assalamu’alaikum Wr Wb. Hai sobat kembali lagi dengan tanamanbuah.com blog yang membahas seputar tanaman buah dan hias khususnya bonsai bougenville dan tanaman lainnya, kali ini kita akan membahas bagaimana tips memilih bahan bonsai bougenville yang bagus. Yuk kita simak selengkapnya berikut ini.

Berikut adalah 4 tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memilih bahan bonsai yang bagus khususnya bougenville.

  1. Yang paling utama untuk dipilih adalah akar. Pilihlah akar yang keluar atau menonjol karena dapat membentuk karakter bonsai. Contohnya adalah bonsai bougenville berikut ini.
    akar bougenville

    akar bougenville

    Bonsai diatas mempunyai akar menonjol disertai gerak ke samping. Jadi gerak dasarnya bonsai tersebut terlihat. Juga contoh lainnya seperti berikut.

    akar bonsai bougenville

    akar bonsai bougenville

    Bonsai diatas memiliki dasar gerak lurus keatas, dan mempunyai akar yang menonjol keluar. Selain itu perhatikan juga perakarannya juga harus terlihat di semua sisi. Sebagai contoh perakaran bonsai berikut ini.

    akar bougenville merata

    akar bougenville merata

    Nah, jika akar tersebut merata, maka kesannya seperti pohon liar di alam.

  2. Yang kedua adalah batang. Untuk batang ini harus memberikan kesan yang tua. Tidak hanya lurus saja, tetapi lebih ke motif seperti ada benjolan, guratan dan mempunyai urat seperti batang pohon tua di alam. Berikut ini contohnya.

    batang bougenville

    batang bougenville

  3. Yang ketiga adalah Daun. Ketika kita memilih bahan bonsai, pilihlah daun yang rapat dan kecil. Jadi ada beberapa karakter bougenville yang mudah untuk dijadikan bahan bonsai. Kalau dia rapat maka jenisnya adalah bougenville singapur, jewel, kerupuk, black maria, red chilli dan sebagainya. Contohnya sebagai berikut.
    daun bougenville

    daun bougenville

    Apakah daun bougenville yang lebar dan besar seperti citra india tidak bisa untuk dijadikan bonsai ? bisa juga, akan tetapi lebih mudah untuk dijadikan bonsai dengan daun yang kecil. Selain itu kepadatan daun kecil tersebut bisa menjadikan nilai eksotis tersendiri.

  4. Yang terakhir adalah bunganya. Perbedaan bonsai bougenville dengan bonsai yang lain ada di bunga nya. Jadi kelopak bunga yang bagus adalah merah cabe, red mega, puth varigata dan magenta karena bunganya rapat dan tidak terlalu besar. Namun varian terbaru juga banyak yang bisa dijadikan bonsai.

    bunga bonsai bougenville

    bunga bonsai bougenville

Jadi semua bougenville itu bisa dijadikan bonsai, namun perlu dipertimbangkan 4 aspek diatas. Tinggal bagaimana kita tekniknya mengecilkan daun, bunga dan memberi kesan tua pada batang, serta tentunya membentuk pengakaran yang baik dan bagus.

Oke, demikian tips singkat bagaimana memilih bougenville untuk dijadikan bahan bonsai. Salam semangat dan terus berkarya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Penyebab Bougenville Tidak Berbunga