Sahabat Tani, pupuk organik cair adalah pupuk dengan bentuk cairan yang dibuat dari hasil fermentasi bahan-bahan organik. Pupuk POC atau Pupuk Organik Cair sudah sangat populer di kalangan petani karena selain dapat mengurangi penggunaan pupuk sintetik juga dapat mengurangi degradasi atau berkurangnya kualitas dari lahan pertanian.

Dan terbukti juga dapat secara signifikan meningkatkan hasil pertanian dengan biaya yang sangat murah bahkan sangat minimal.Terlebih pupuk organik cair itu dibuat oleh anda sendiri. Dan di dalam postingan kali ini kita akan mengulas pembuatan pupuk organik cair dengan kandungan perangsang paling kuat yaitu POC + PGPR.

Pupuk organik cair merupakan alternatif tepat untuk digunakan mengingat harga pupuk kimia yang pastinya bakalan menambah ongkos produksi anda. Dengan membuat sendiri pupuknya maka secara otomatis anda sudah melakukan penghematan biaya yang pastinya akan menambah keuntungan dari usaha tani anda.

Untuk itu kita akan membuat dua macam olahan sekaligus yaitu pertama melakukan pembuatan yang namanya PGPR dan yang kedua yaitu melakukan pembuatan pupuk organik cair. Dan pupuk organik cair kali ini berbahan dari urin kelinci.

Akar Bambu

Akar Bambu

Anda pasti penasaran kepanjangan dari PGPR. Jadi PGPR itu singkatan dari Plan Growth Promoting Rhizobacteria. PGPR adalah salah satu jenis perangsang supaya tanaman kita itu tumbuhnya jauh lebih baik. Sederhananya perangsang pertumbuhan pada tanaman kita. PGPR sendiri adalah perangsang pertumbuhan tanaman dengan bahan baku utamanya yaitu dari akar bambu. Karena ada semacam bakteri atau mikroorganisme yang namanya rhizobacteria yang hidup pada bambu. Dan mikroorganisme ini dapat mengikat nitrogen bebas dari alam.

Dan menurut beberapa studi penelitian, bakteri atau mikroorganisme ini dapat memicu pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif serta dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap jamur patogen. Dan selain itu juga fungsi dari PGPR sendiri itu sebagai mikroorganisme yang dapat menjaga kesuburan tanah.

Kemudian studi yang dilakukan oleh Yuliani dengan jurnal berjudul “Pemanfaatan Urine Kelinci dan PGPR yang Dibuat dari Akar Tanaman Toge untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil pada Tanaman Cabe” itu ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan dapat juga meningkatkan bobot buah segar serta dapat meningkatkan jumlah buah pada tanaman cabe.

Kemudian studi selanjutnya dilakukan oleh Wicaksono dan kawan-kawan dengan jurnal berjudul “Pengaruh PGPR dan Pupuk Kotoran Kelinci terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis” ternyata dapat meningkatkan tinggi tanaman, bobot kering tanaman, hingga bobot tongkol tanaman dalam satuan hektar.

Kedua jurnal tersebut bisa anda download disini:

Jadi begitu luar biasa manfaat dari pupuk organik cair yang kita kombinasikan dengan perangsang PGPR ini. Langsung saja kita buat PGPR terlebih dahulu.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan PGPR yaitu:

  1. Akar bambu. Akar bambu nya itu boleh dari akar bambu di sekitaran tanaman atau sama bambunya sekalian. Ambil kira-kira sekitar 100 gram saja sudah cukup untuk skala rumahan. Kemudian akar bambu ini kita rendam dengan air sebanyak 20 liter dengan catatan airnya sudah kita lakukan perebusan dan telah kita diamkan sampai suhunya dingin.
  2. Toge. Untuk bahan toge/kecambah butuhnya kira-kira sekitar 100 gram saja. Kemudian toge ini juga dilakukan perendaman selama 2 hari dengan menggunakan air yang sudah direbus dan juga sudah didinginkan dengan takaran yang secukupnya.
  3. 2 Kg dedak. Sebenarnya jumlah dedak ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk skala rumahan ya disesuaikan saja kira-kira 200 gram saja sudah cukup.
  4. 10 Kg Gula pasir. Untuk skala pribadi, bisa menggunakan gula pasir seperlunya saja. Misalkan bisa sepersepuluhnya artinya 100 gram saja sudah cukup.
  5. Penyedap rasa. Bisa menggunakan bahan perasa atau micin kira-kira 1 sampai 2 bungkus.
  6. Terasi. Bisa menggunakan terasi 4-5 kemasan kecil.
  7. Kapur sirih 2 sendok teh.

Bahan Pembuatan POC

Selanjutnya bahan-bahan yang kita perlukan dalam pembuatan POC adalah:

  1. Urin kelinci. Bahan-bahan untuk pembuatan pupuk organik cair urine kelinci pastinya ya urine kelinci sebanyak 10 liter. Ingat, bisa aja anda sepersepuluhnya saja kalau mau bikin skala rumahan.
  2. EM4 sebanyak 50 ml.
  3. Gula merah kira-kira 100 gram. Gula merah bisa diganti atau di subtitusi dengan molase.

Setelah semua bahan-bahan sudah siap, mari kita lanjut untuk proses pembuatan PGPR dan POC nya.

  1. Kita siapkan dulu wadah fermentasi POC nya. Dan siapkan tank 5 liter itu sebanyak 2 buah.

    tanki 5 liter

    tanki 5 liter

  2. Botol Air mineral 2 buah.
  3. Selang waterpass kira-kira 1 meter.
  4. Seal gas elpiji sebanyak 4 buah.
  5. Plester atau lakban.

Mari kita bikin wadah fermentasinya.

Pertama, lubangi tutup air mineral nya. Kemudian masukkan selang waterpass nya.

Pembuatan Tempat Fermentasi

Pembuatan Tempat Fermentasi

Isi botol air mineral dengan air kemudian tutuplah dengan tutup yang ada selangnya tadi.
Kemudian lubangi juga tutup dari tank 5 liter itu. Dan sebelum memasukkan selang waterpass ketutup yang telah kita lubangi tadi, terlebih dahulu masukan dulu seal gas elpiji ke selang waterpass, baru masukkan selang waterpass itu ketutup tank 5 liter.
Kemudian masukkan lagi seal gas elpiji di bagian bawah tutupnya. Lalu diberi lakban pada bagian atas supaya dia itu lebih melekat dan tidak terjadi keluar masuknya udara. Maka wadah fermentasi POC nya selesai kita bikin.

Dan ini juga bisa buat anda yang mau melakukan fermentasi PGPR nya menggunakan wadah seperti ini. Tetapi untuk skala besar, bisa memakai drum.

Proses Pembuatan PGPR

  1. Rebuslah dedak, penyedap rasa, terasi dan kapur sirih tadi ke dalam air secukupnya. Rebus sampai mendidih dan diamkan hingga suhu dingin.
  2. Setelah dingin baru tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah yang berisi rendaman akar bambu tadi dan juga tuangkan toge yang sudah kita diamkan selama 2 hari tadi.
  3. Kemudian aduk secara merata.
  4. Tutup yang rapat. Usahakan tidak ada lagi udara yang keluar masuk didalam tempat fermentasinya. Dan setiap 3 hari sekali dilakukan pembukaan kemudian pelan-pelan diaduk dan kemudian tutup lagi. Tunggu proses fermentasinya selama 14 hari kedepan.

Proses Pembuatan POC Urin Kelinci

  1. Tuangkan urine kelinci ke dalam wadah.
  2. Tambahkan EM4 sebanyak 50 ml.
  3. Tambahkan gula merah yang sudah kita haluskan atau pakai molase juga tidak apa-apa.
  4. Aduk dan masukkan ke dalam wadah fermentasi dan tutup dengan tutup yang sudah kita buatkan selangnya. Dan diamkan atau fermentasi selama 14 Hari.

Menurut penelitian Yuliani, campuran PGPR dengan pupuk organik cair urin kelinci dengan dosis 7,5 ml per liter air itu dapat memacu pertumbuhan pada tanaman cabe. Dan dosis 10 ml per liter air itu dapat meningkatkan bobot buah segar serta banyaknya jumlah buah pada tanaman cabe.

Artinya setelah proses fermentasi ini selesai, sahabat tani bisa langsung aplikasikan pada tanaman dengan dosis 7,5 ml per liter air pada masa vegetatif awal dan dosis 10 ml per liter air pada masa vegetatif peralihan tanaman.

Demikian proses pembuatan pupuk organik cair / POC urin kelinci dengan kandungan perangsang PGPR. Mudah-mudahan postingan kali ini bisa menginspirasi sobat tani untuk bisa diaplikasikan pada tanaman anda.

Baca Juga: Cara Buat Pupuk Kompos Sederhana