Assalamualaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya hari ini sobat? Semoga diberi kesehatan, kelimpahan rizki dan sehat selalu. Disela-sela aktifitas sehari-hari kita akan mencoba membuat bakteri fotosintesis atau yang lebih dikenal dengan sebutan PSB (Photosynthetic Bacteria). Hal ini sangat penting mengingat kebutuhan nutrisi tanaman harus tercukupi.

Apa itu PSB ?

Bakteri Fotosintesis merupakan bakteri autotrof yaitu bakteri yang dapat membuat makanan sendiri dari bahan-bahan anorganik melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari atau cahaya. Bakteri fotosintesis memiliki pigmen warna yang disebut dengan bakteria klorofil A atau B yang dapat memproduksi pigmen warna merah, kuning dan ungu yang mampu menangkap energi matahari sebagai bahan bakar fotosintesis. Fungsi dari PSB ini mirip dengan EM4 yaitu campuran dari pelbagai mikroorganisme yang sangat baik untuk penyerapan unsur hara bagi tanaman.

Pembuatan Bakteri PSB

Pembuatan Bakteri PSB

Di dalam postingan ini kita akan membagi konten Bakteri Fotosintesis / PSB ini dalam 3 bagian. Bagian-bagian tersebut meliputi cara membuat, cara aplikasi dan yang terakhir yaitu cara memperbanyak PSB tersebut. baik langsung saja mari kita mulai pada bagian yang pertama yaitu cara membuat PSB atau Photosynthetic Bacteria.

Bahan Untuk Membuat PSB

Untuk mengawali pembuatan PSB tersebut kita siapkan bahan-bahan utamanya.

Bahan Pembuatan PSB Bakteri Fotosintesis

Bahan Pembuatan PSB Bakteri Fotosintesis

  1. Satu buah telur. Bisa menggunakan telur ayam, telur angsa atau bisa kita gunakan telur keong.
  2. Monosodium (MSG) atau penyedap rasa/vetsin sebanyak 2 buah ukuran 8 gram atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

Cara Membuat PSB

Campurkan kedua bahan utama tersebut ke dalam satu wadah lalu aduk bukan dikocok menggunakan sendok atau alat bantu lainnya sehingga kedua bahan tersebut tercampur secara merata.

Campuran Vetsin dan Telur Bebek

Campuran Vetsin dan Telur Bebek

Telur berfungsi untuk mengisolasi dan memperbanyak bakteri, sedangkan untuk MSG atau penyedap rasa berfungsi sebagai katalis.

Setelah tercampur merata, langkah selanjutnya yaitu kita siapkan 3 buah botol bekas air mineral ukuran 1 setengah liter sebanyak 3 buah lalu kita tekan pada bagian atasnya.

Botol Penyimpanan ditekan atasnya

Botol Penyimpanan ditekan atasnya

Setelah itu masukkan adonan tersebut ke dalam botol minimal satu setengah hingga 2 sendok makan atau kita bagi rata adonan tersebut. Usahakan menggunakan corong agar tidak berceceran.

Masukkan Adonan ke Botol Penyimpanan

Masukkan Adonan ke Botol Penyimpanan

Untuk langkah selanjutnya yaitu kita masukkan air bersih, air kolam atau air AC sebanyak masing-masing 1 liter. Dengan tujuan untuk menyisakan ruang untuk menampung gas yang akan timbul selama proses tersebut berlangsung. Sedangkan tujuan botol bekas tersebut kita tekan-tekan pada bagian atasnya yaitu untuk mengetahui kapan saat yang paling tepat kita harus membuka botol tersebut. Dimana Gas yang akan timbul akan mendorong dan menekan botol bekas tersebut ke posisi semula.

Campurkan Air Bersih Sisakan untuk Udara

Campurkan Air Bersih Sisakan untuk Udara

Sebagai pilihan alternatif, kita cukup tusuk tutup botol tersebut menggunakan jarum sehingga dengan otomatis gas yang akan timbul terdorong keluar tanpa rasa khawatir botol tersebut akan meledak atau menyembur saat kita membukannya.

Tusuk Tutup Botol

Tusuk Tutup Botol

Sebagai langkah terakhir kita kocok botol tersebut hingga berbuih atau berbusa lalu jemur di bawah sinar matahari secara langsung sepanjang hari. Sebagai pelaksana lanjutan, kocok botol tersebut setiap hari selama proses tersebut berlangsung. Jika perlu buka tutup botol selama beberapa saat untuk mengeluarkan gas yang tersisa dan tinggal kita tunggu saja larutan tersebut berubah warna menjadi sedikit pekat minimal 3 minggu hingga 8 minggu kedepan.

Setelah 3 hingga 8 minggu bahkan lebih, larutan tersebut akan berubah warna menjadi merah, hijau, kuning ataupun ungu. Dan perlu diketahui bahwa warna yang dihasilkan bukanlah indikasi bahwa PSB yang kita buat tersebut berhasil atau gagal.

Hasil Pembuatan PSB Setelah Beberapa Minggu

Hasil Pembuatan PSB Setelah Beberapa Minggu

Selama PSB tersebut, setelah kita kocok warna tetap pekat, artinya tidak berubah menjadi bening dan tak ada lagi gas yang timbul, maka PSB tersebut sudah bisa dikatakan berhasil dan sudah siap untuk kita aplikasikan. Untuk mempercepat prosesnya kita bisa campur kan PSB yang sudah jadi ke botol-botol berikutnya.

Baik, itulah cara membuat PSB Photosynthetic Bacteria / Bakteri Fotosintesis dengan cara yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Nantikan update postingan selanjutnya tentang cara aplikasi PSB ini ke tanaman. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Aplikasi PSB dan Manfaatnya