Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. ketemu lagi dengan saya di tanamanbuah.com kali ini saya akan menginformasikan kepada teman-teman bagaimana saya mengolah limbah cucian beras di rumah saya menjadi POC (Pupuk Organik Cair). Seperti apa dan bagaimana caranya ? mari kita simak tutorial berikut ini.

air cucian beras

air cucian beras

Kandungan Zat Air Cucian Beras

Apa itu sebenarnya air beras ? Air beras itu mempunyai kandungan baik secara kimia maupun secara biologi. Yang pertama, air cucian beras itu mengandung karbohidrat meskipun sangat kecil, tetapi tidak mengapa. Karena pada dasarnya karbohidrat itu merupakan sumber utama untuk menyusun ZPT yang terdiri dari auksin dan giberelin. Yang mana hormon-hormon itulah nanti yang akan merangsang pertumbuhan pucuk terus kemudian mengantar zat ke seluruh bagian tanaman. Air cucian beras juga mengandung phospor, kalium, besi, boron, vitamin-vitamin dan juga ada protein-protein yang mana protein nya sendiri sekitar sekitar 185 ppm. Berikutnya, ternyata air cucian beras itu juga mengandung banyak sekali keragaman mikrobiologi terutama mikro biologi yang berhubungan dengan agen antagonis. Agen antagonis yaitu agen yang melawan penyakit-penyakit yang ada di penyakit tular tanah seperti fusarium dan sebagainya.

Manfaat Kandungan Air Cucian Beras

Nah, yang pertama dan utama ternyata di dalam air cucian beras itu kandungan mikrobiologi yang pertama itu adalah pseudomonas fluorescens yang merupakan agen antagonis untuk penyakit fusarium. Misal kalau temen-temen itu punya tanaman cabe tiba-tiba layu atau tomat tiba-tiba layu yang tidak diketahui sebabnya, itu bisa jadi disebabkan fusarium. Nah dengan adanya pseudomonas fluorescens yang kita inokulasikan dari awal maka penyakit layu itu insya allah tidak akan menyerang. Disamping itu, pseudomonas fluorescens ini berguna sebagai agen untuk merombak fosfat. Jadi kalau phospat itu terikat di tanah dan tidak bisa diserap oleh tanaman maka pseudomonas fluorescens inilah yang membantu untuk mengurai fosfor agar bisa diserap oleh tanaman.

Berikutnya di dalam air beras ini ada bakteri yang bernama pektolitik pektin. Bakteri inilah yang membantu untuk mensintesa air beras terutama karbohidrat menjadi ZPT (zat pengatur tumbuh). Berikutnya ada juga bakteri xanthomonas maltophilia, bakteri ini adalah bakteri yang digadang-gadang untuk bisa menginfeksi embun tepung sehingga dia tidak bisa berkembang lagi. Bakteri ini dapat tumbuh dalam kondisi yang panas sehingga cocok sekali ketika dia melawan embun tepung.

Berikutnya masih banyak bakteri-bakteri atau organisme yang ada di dalam air cucian beras yang pada kesempatan ini tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Nah, tentunya dari macam bakteri ini mungkin ada perbedaan, tidak mungkin 100% sama. Misalkan beras yang ada di Jawa Timur mungkin berbeda di Jawa Tengah kandungan bakteri nya. Namun yang jelas bakteri-bakteri yang baik itu banyak dikandung oleh air / limbah cucian beras.

Baca Juga : Cara Buat EM4 Sendiri

Persiapan Alat Pembuatan POC Limbah Air Beras

Sekarang kita masuk ke bagaimana cara membuatnya. Pertama saya akan menjelaskan bagaimana cara men-set up atau menginstal alat fermentor untuk mengolah limbah cucian beras. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:

Alat Membuat POC Air Beras

Alat Membuat POC Air Beras

  1. Galon. Galon ini sudah kita install keran, supaya memudahkan kita nanti waktu memanen hasilnya.
  2. Botol Aqua. Botol Aqua digunakan supaya tidak terkontaminasi.
  3. Paralon. Kita menggunakan paralon 1 Dim dengan tinggi yang lebih tinggi dari galon Aqua.
  4. Tutup Galon. Tutup galon kita lubangi semacam ini yang mana lubang besarnya untuk air cucian beras dan yang kecil ini untuk mengeluarkan udara CO2 hasil fermentasi supaya kita tidak membuka buka lagi.
  5. Selang aquarium bekas.
  6. Corong. Corong berfungsi untuk memudahkan kita dalam memasukkan air cucian beras.

Cara Kerja Pembuatan POC Air Beras

Model Wadah POC Air Beras

Model Wadah POC Air Beras

Dengan model alat seperti ini diharapkan proses untuk pengolahan limbah air cucian beras itu akan mudah dilakukan, di mana tinggal memasukkan melalui bantuan corong, kemudian ditutup. Air masuk ke galon kalau kita lihat di bawah itu ada lubang yang menghadap ke samping, dengan maksud untuk mengaduk. Sehingga kita tidak lagi membuka dan menutup bagian yang ada di leher galon, tinggal membuka dan menutup yang ada di bagian atas galon ini. Kemudian keran ini juga sudah dari awal kita sediakan untuk memanennya supaya mudah. Kemudian air yang ada di dalam botol aqua kita gunakan untuk pembuangan CO2 sisa fermentasi.

Bahan dan Cara Untuk Membuat POC Air Beras

Yakult untuk Bahan POC Air Beras

Yakult untuk Bahan POC Air Beras

Kita memerlukan bakteri Lactobacillus Casei yang ada dalam produk Yakult. Kenapa saya memakai ini ? Karena hasilnya nanti akan saya gunakan untuk membibis pakan pada aquaponik. Saya menggunakan lactobacillus casei yang tentunya aman untuk manusia dan juga aman untuk hewan peliharaan saya.

Selanjutnya kita memerlukan ini air molase yang sudah kita encerkan yaitu sekitar 40 cc per liter. Caranya gampang, tinggal dimasukkan saja ke dalam wadah galon. Setelah molase dimasukkan maka sekarang kita memasukkan Yakult nya. Setelah itu tinggal kita aduk dan ditutup. Jangan lupa untuk menempatkan galon di tempat yang strategis. Seperti ditempatkan di dapur agar ketika air cucian beras itu tersedia bisa langsung segera dimasukkan. Jika tidak diletakkan di dapur maka kemungkinan besar air cucian beras itu akan terbuang.

Khusus untuk cucian beras ini, setelah nanti diisi terus-menerus selama satu minggu, cairannya sudah bisa digunakan. Sudah bisa digunakan dengan pengenceran 10 kali untuk menyiram tanaman atau membibis pakan. Bahkan untuk air cucian beras pun tanpa dilakukan fermentasi, langsung dilakukan penyiraman itu sebenarnya sudah bagus. Seperti itulah cara memproses pengolahan limbah terutama air cucian beras.

Cara Pengaplikasian POC Air Beras

POC Air Beras Siap di Aplikasikan

POC Air Beras Siap di Aplikasikan

Nah, ketika POC cucian beras sudah jadi, kira-kira 1 minggu / 2 minggu atau bahkan satu bulan itu bisa digunakan. Cara menggunakannya cukup simpel, siapkan gelas ukur atau bisa pakai gelas aqua, karena sudah ada kran maka gampang sekali untuk mengambilnya. Kemudian kita masukkan ke dalam ember. Nanti akan kita encerkan dengan 10 kali atau 20 kali lipat. Jadi biasanya saya menggunakan satu ember sampai penuh untuk menyiram tanaman.

Kemudian cara aplikasinya adalah tinggal disiramkan ke bagian media tanaman secara langsung. Pupuk ini bisa diberikan 2 hari sekali, 3 hari sekali ataupun tiap hari tidak masalah. Ketika teman-teman persediaan pupuk nya banyak, bisa diaplikasikan setiap hari. Sekali lagi, POC air beras ini adalah cara mendapatkan pupuk yang mudah dan murah serta sehat bagi keluarga. Oiya, bisa juga kita aplikasikan ke persemaian juga.

Demikian tadi teman-teman informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara olah limbah rumah tangga dalam hal ini adalah air bekas cucian beras yang diolah secara sederhana menjadi pupuk organik cair yang bisa kita gunakan. Terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.