Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ketemu lagi di tanamanbuah.com saya akan mencoba informasikan kepada sobat semua tentang bagaimana cara memanfaatkan limbah nasi sebagai pupuk cair organik. Seperti apa ? Sebelum kita memulai bagaimana cara membuatnya, saya akan mencoba sharing beberapa hal.

Jamur Nasi Basi

Jamur Nasi Basi untuk Pembuatan MOL

Kandungan Beberapa Zat dalam Nasi

Yang pertama adalah di dalam nasi itu ada sekitar 39% karbohidrat. Sesuai dengan namanya yaitu karbo dan hidrat maka dia terdiri dari ion karbon dan hidrogen. Karbon dan hidrogen tadi dalam bentuk kompleks yaitu karbohidrat akan dirubah menjadi bentuk yang lebih sederhana yaitu dalam bentuk gula di mana gula ini merupakan sumber energi bagi mikroorganisme yang ada di tanah kita untuk berkembang biak dan bereproduksi membantu tanah kita memperbaiki struktur tanah maupun kimia dan biologi nya.

Di dalam nasi itu juga terdapat protein, kalsium, fosfor dan kalsium kurang lebih sekitar 3%. Dari protein ini nanti akan dipecah menjadi sumber nitrogen karena di protein itu terdapat gugus Amina yaitu itu gugus nh2 dimana gugus nh2 ini nantinya ada sumber N di situ yang akan digunakan untuk tanaman kita.

Yang berikutnya adalah fosfor. Fosfor nanti juga akan dirubah menjadi fosfor yang lebih bisa terserap oleh tanaman. Untuk Kalsium itu sebagai sumber yang bekerjasama dengan kalium untuk membentuk dinding sel di dalam tanaman kita. Berikutnya di dalam nasi juga terdapat beberapa vitamin diantaranya adalah Vitamin A B1 B2 dan B3 di mana Ini juga nanti akan menjadi unsur yang memang bisa digunakan oleh tanaman kita. Berikutnya di dalam nasi itu juga terdapat beberapa unsur mikro yaitu tembaga besi dan seng yang merupakan penyumbang unsur mikro untuk tanaman kita juga.

Baca Juga : Alat Pengukur PH Tanah

Jamur Orange pada Nasi

Jamur Orange pada Nasi

Berikutnya saya akan menginformasikan jamur orange yang ada di dalam nasi. Jamur orange ini merupakan jamur yang bernama Rhizopus oligosporus di mana dia banyak menghasilkan 1 enzim yaitu enzim protease dan fitase. Enzim protease atau enzim proteinase adalah enzim yang bertugas untuk memecah protein. Di mana nanti protein itu gugus amina nya akan dipisah menjadi asam amino yang mana asam amino itu merupakan sumber yang nantinya bisa menyumbangkan nitrogen untuk tanaman kita. Sementara enzim fitase atau enzim fosfatase dia adalah bertugas untuk merombak ortofosfat menjadi fosfat yang lebih sederhana dan bisa diserap oleh tanaman kita.

Tentunya 2 enzim ini tidak hanya bekerja pada proses pembuatan mol saja. Ketika diaplikasikan di tanah nanti harapannya Rhizopus oligosporus ini enzim-enzimnya juga bekerja untuk tanah kita sehingga nitrogen dan fosfat akan lebih tersedia bagi tanaman kita dengan proses yang terjadi di tanaman atau di tanah kita.

Yang terakhir adalah di dalam nasi yang sudah dibiarkan beberapa hari tadi tidak menutup kemungkinan ada beberapa mikroorganisme yang belum teridentifikasi dan itu semua diharapkan bisa membantu semua proses yang terjadi di dalam tanah kita untuk meningkatkan kualitas secara fisik, kualitas secara kimia, dan kualitas secara biologi di dalam tanah kita. Ayo kita lihat bagaimana cara membuatnya.

Proses Pembuatan Mol Nasi

Untuk proses pembuatannya sebelumnya nasi yang sudah tidak terpakai itu kita biarkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama beberapa hari sampai mengeluarkan jamur yang berwarna orange yaitu Rhizopus oligosporus seperti pada gambar ini.

Jamur rhizobium oligosporus

Jamur rhizobium oligosporus

Alat dan Bahan Pembuatan Mol Nasi

Baik untuk proses pembuatannya kita sediakan alat dan bahannya yang pertama bahannya itu adalah nasi basi yang sudah dibiarkan beberapa hari dan sudah keluar jamurnya yang oren seperti ini. Ini adalah sekitar 3 hari sampai 5 hari.

Yang kedua adalah molase / tetes tebu secukupnya yang ini biasanya temen-temen juga banyak yang menggunakan gula merah, gula pasir. Bisa menggunakan bahan yang intinya isinya adalah gula.

Alat Pembuatan Mol Nasi

Alat Pembuatan Mol Nasi

Berikutnya adalah kita memerlukan sarung tangan, ember, corong dan kemudian bekas air kemasan. Nah cara pembuatannya adalah sebagai berikut. Sebenarnya ada berbagai macam cara temen-temen bisa memilih yang termudah saja.

Langkah dan Cara Pembuatan Mol Nasi

Sarung tangan kita pakai, kemudian bahannya kita masukkan ke dalam ember. Biasanya nasi basi langsung keluar sporanya. Bau-bau nya sudah seperti tape dan ini kita remas nasinya supaya spora menyebar ke seluruh bagian. Semakin hancur diremas semakin bagus temen-temen. Diblender akan juga semakin bagus tapi pada kesempatan ini saya tidak memblender nya tetapi hanya meremas seperti ini saja sehingga sporanya itu benar-benar tercampur merata dan nasi yang kita punya itu juga semakin hancur dengan kita remas seperti ini. Sehingga memudahkan proses penguraian berikutnya.

Proses Pembuatan POC Mol Nasi

Proses Pembuatan POC Mol Nasi

Kita tambahkan air secukupnya paling tidak 1 banding 4. Yang saya maksud 1 banding 4 itu adalah 4 air dan 1 bagian dari pada nasi tadi. Dari tempat lain mungkin ada perbandingan yang berbeda, silakan saja teman-teman. Pada dasarnya untuk pembuatan pupuk organik ini adalah dosisnya tidak ada yang pasti namun yang termudah saja yang akan kita gunakan.

Kemudian untuk air ini sebaiknya menggunakan air hujan. Kenapa air hujan ? karena air hujan tidak ada pengawetnya, tidak ada tawas nya, tidak ada klorin nya. Sehingga memudahkan proses proses selanjutnya karena yang akan kita pelihara ini adalah mikroorganisme.

Berikutnya sebagai tambahan nutrisi untuk mikroorganismenya dalam hal ini adalah kapang daripada rhizobium oligosporus, ini kita tambahkan moulase supaya dia lebih mudah untuk berkembang biak lagi. Dan disini sekali lagi bukan hanya rhizobium oligosporus aja tetapi ada kemungkinan organisme-organisme lain yang memang sudah merapat di nasi basi yang sudah kita diamkan selama beberapa hari. Selanjutnya kita masukkan ke dalam botol air mineral bekas dengan bantuan corong.

Jangan lupa untuk mengasih sedikit udara di botol nya supaya nanti ketika terjadi proses fermentasi masih ada ruang yang tertekan dan masih ada kesempatan untuk kita membuang udara yang berlebihan dalam hal ini adalah CO2 yang dihasilkan nanti.

Jadi seperti ini hasilnya, nanti kita biarkan 5-7 hari.

POC Mol Nasi di dalam Botol

POC Mol Nasi di dalam Botol

Ini adalah kondisi mol nasi yang kemarin kita buat. Ini sudah 24 jam kalau sampai saat ini. Disitu sudah mulai terjadi proses fermentasi dimana sudah terlihat terjadinya gelembung. Gelembung itu adalah gelembung karbondioksida yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Setiap hari kita tidak lupa untuk selalu membuka tutup nya sedikit. Nanti ada suara “cess” gitu. Itu tandanya gas nya banyak sekali proses pengeluaran CO2 yang ada di sini. Jadi pelan-pelan dalam membuka tutupnya dan jangan sampai lepas tutup nya agar mol nya tidak nyembur keluar.

Pengecekan Mol Nasi

Pengecekan Mol Nasi

Jangan lupa juga untuk mengocok nya supaya nasi yang tadi kita gunakan untuk pupuk ini lebih hancur dan terurai.

Jadi temen-temen ada juga yang menyarankan bahwa tutup mineral kita lubangi dengan jarum. Tapi saya tidak melubanginya sehingga saya perlu melakukan pembukaan ini setiap hari. Jadi kalau tidak dibuka nanti bisa-bisa gelembung yang ada di bawah botol mineral yang seharusnya datar seperti bisa menyembur keluar dan akhirnya botol terguling. Jadi setiap hari harus dilakukan pengeluaran gas.

Simpan mol tersebut sampai sekitar 5 – 7 hari sampai benar-benar gelembungnya ini keluarnya hanya sedikit. Artinya udara yang bertekanan ini keluarnya hanya sedikit. Nah itu baru di nyatakan bahwa kompos atau nasi ini sudah jadi.

Dosis Penggunaan POC Mol nasi

Kita bisa gunakan POC mol nasi ini untuk kocor ataupun untuk semprot. Kalau untuk kocor itu biasanya dosisnya diencerkan antara 5 sampai 10 kali. Kalau untuk semprot diencerkan paling tidak 20 kali.

Jadi sementara itu dulu teman teman yang bisa saya informasikan untuk proses pembuatan POC atau mol dari nasi basi. Demikian tadi informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara membuat mol dari nasi basi sebagai pupuk organik cari yang bisa kita langsung aplikasikan pada tanaman kita. semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.