Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh berjumpa lagi dengan TanamanBuah.com, pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan kepada sahabat semua tentang bagaimana membuat PH down sendiri. Seperti apa langkah-langkah nya ? Mari kita ulas secara tuntuas di postingan kali ini.

Persiapan Alat

Sebelum kita mulai untuk membuat PH Down / penuruh kadar PH khusus tanaman hidroponik, saya akan menginformasikan alat apa saja yang biasanya diperlukan untuk menjaga keselamatan kita. Karena kita nanti akan berhubungan dengan bahan-bahan yang bersifat asam maka yang perlu digunakan yang pertama adalah kacamata, bisa menggunakan kacamata biasa yang dipakai sehari-hari.

Kemudian masker untuk melindungi uap yang terjadi karena reaksi asam itu. Kemudian yang tak kalah pentingnya yaitu sarung tangan. Saya biasanya memakai sarung tangan yang terbuat dari karet untuk melindungi tangan kita supaya tidak terkena zat yang asam.

Baca Juga : Cara Memberantas Hama Daun Cabe Keriting

Persiapan Bahan Utama

penurun ph phosporic acid

penurun ph / phosporic acid

Sahabat pecinta tanaman, untuk bahan utamanya saya menggunakan H3 po4 atau fosforit acid / asam fosfat. Asam fosfat ini saya beli online seharga Rp30.000. Dari ini kandungan asam fosfat nya yaitu 85%. Dan nanti kita akan membuat PH Down nya menjadi 10% atau paling tidak 10 lebih sedikit karena nanti kita akan mengencerkan 8 kali, artinya dengan 1 botol ini yang kurang lebih 500-600 mili ini akan kita tambahkan 7 kali botol ini. Sekaligus saya gunakan botol ini sebagai ukuran.

Langkah Pembuatan

Seperti apa langkah membuat cairan penurun PH ? Pertama-tama kita cek berapa ph air di tempat kita. Nah, disini setelah saya cek, PH air baku nya sekitar masih 6,4 sementara ppm (parts per million) nya kita lihat 1,43 harusnya lebih rendah lagi temen-temen yang digunakan ppm nya. Kalau bisa ppm-nya itu nol atau menggunakan air air Reverse Osmosis / aquades itu lebih baik lagi.

mengukur ph air

mengukur ph air

Baik sahabat, tadi kita sudah mengecek ph air baku kita, Sekarang kita akan berhubungan dengan zat asam makanya kita pakai perlengkapan. Yang pertama adalah kacamata, yang kedua adalah masker karena kita akan berhubungan dengan zat asam.

Dan yang terakhir tidak kalah pentingnya adalah kita menggunakan sarung tangan. Karena zat asam itu kita tahu semua akan bersifat mengiritasi kulit dan lain sebagainya bahkan bisa mengelupas dan terbakar kalau terpaparnya terlalu banyak.

Caranya mulai kita masukkan dulu asam fosfat. Ingat ya, sebaiknya kalau membuakan cairan asam ini di tempat terbuka agar udara mengalir bebas. Sekali lagi kita harus membuat langkah preventif untuk keamanan kita dengan mengenakkan safety yang sudah saya sebutkan tadi.

Tuangkan asam fosfat kedalam ember, hati-hati jangan sampai memercik kemana-mana karena cairan ini bersifat asam. Kemudian akan kita tambahkan 7 kali ukuran air sesuai dengan volume asam kita tadi.

Kita lihat di gambar dibawah ini, adalah zat asam dari H3 po4 yang kita encerkan sebanyak 8 kali oleh karena itu kita tambahkan 7 Kali volume air dari atau volumenya sama dengan botol yang kita gunakan. Asumsinya adalah sudah diencerkan 8 kali sehingga 85% tadi sudah menjadi sekitar 10,5%. Larutan yang sudah diencerkan ini relatif lebih aman untuk kita gunakan tanpa menggunakan sarung tangan dan lain sebagainya.

asam fosfat penurun ph

asam fosfat penurun ph

Tahap Pengemasan

Setelah diencerkan kita sudah bisa mengemas dengan botol air mineral dan jangan lupa ditutup rapat.

pengemasan asam fosfat

pengemasan asam fosfat

Ya jadi demikian tadi temen-temen informasi yang bisa saya berikan pada kesempatan ini yaitu tentang cara membuat PH down atau penurun PH sendiri secara murah dan aman. PH down ini bahan utamanya adalah H3 po4 85% di mana dengan kita membeli fosforit acid H3 po4 85% ini seharga Rp30.000. Teman-teman bisa membuat sekitar 4 liter PH down. Sementara biasanya ketika kita membeli PH down itu harganya setengah liter atau 500 ml itu adalah Rp30.000, kalau temen-temen membeli biangnya kemudian tinggal dicampur air sendiri maka temen-temen bisa menghemat biaya pengeluaran PH down yaitu dari yang setengah liter bahan aktif ini kita gunakan menjadi 4 liter bahan aktif. Sehingga menjadi lebih murah.

Baik semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sukses untuk kita semua.