Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali kita akan mengulas bagaimana cara membuat compost tea atau teh kompos. Bisa juga disebut dengan ekoenzim atau MOL/POC cair. Untuk bahan bakunya sendiri termasuk mudah didapat, yaitu rumput-rumput liar yang masih segar/baru dicabut. Kemudian siapkan juga ember dan air. Disini kita menggunakan air hujan atau bekas cucian beras (leri) biar hasilnya bagus.

Sebenarnya ada dua cara untuk membuat teh kompos ini:

  1. Yang pertama adalah menimbun rumput tersebut didalam compost bag. Kemudian diamkan beberapa bulan sehingga menjadi kompos. Proses ini memang agak lama bisa sampai 6 bulan bahkan ada yang satu tahun sampai benar-benar menjadi kompos. Kenapa bisa lama ? karena rumput yang baru dipetik itu masih ada sisa biji nya, sehingga dengan proses composting yang menghasilkan panas, maka biji tersebut akan mati. Nah, inlah alasan mengapa kita tidak boleh langsung menaruh rumput liar segar ke pot tanaman kita sebagai kompos, karena biji tersebut masih bisa tumbuh dan berebut nutrisi di tanaman utama kita.

    Composter Bag

    Composter Bag

  2. Untuk cara yang kedua ini disebut dengan metode compost tea / teh kompos. Khusus cara yang kedua ini kita bahas lebih mendetail sebagai berikut.

Cara Buat Teh Kompos Menggunakan Rumput Liar

Sebagai langkah awal, anda siapkan dulu ember yang besar sekalian untuk menampung rumput. Kemudian kita isi air sumur atau air hujan kira-kira setengah ember.

Isi Air Setengah Ember

Isi Air Setengah Ember

Masukkan rumput kedalam kedalam ember tadi. Atau jika ingin sedikit rapih, bungkuslah dulu rumput tersebut dengan jaring agar nanti ketika memanen kompos tidak perlu menyaring lagi. Nah disini, kita akan mempraktekkan rumput yang langsung dimasukkan ke ember tanpa ada jaring. Kemudian ditutup agar tidak dihinggapi nyamuk dan menghindari jentik-jentik nyamuk. Kita tunggu sampai kurang lebih 2 mingguan.

Proses Pembuatan Compost Tea

Rumput Dimasukkan Ke Dalam Ember Berisi Air

Tepat dua minggu kemudian kita bisa buka, dan hasilnya seperti berikut.

Hasil Teh Kompos Jadi

Hasil Teh Kompos Jadi

Sebagai catatan, lama pemeraman rumput ini tidak mengikat harus 2 minggu. Bisa saja lebih, oleh karena itu cek selalu kondisi rumputnya apakah benar-benar busuk atau tidak. Jika tidak, kita bisa memeram dua minggu lagi.

Langkah berikutnya adalah memisahkan antara rumput dan cairan poc nya.

Pemisahan Ampas Rumput dari POC

Pemisahan Ampas Rumput dari POC

Untuk sisa ampas rumputnya jangan dibuang, anda bisa masukkan dalam komposter atau compost bag untuk dijadikan pupuk kompos.

Berikut adalah compost tea yang sudah jadi, dan siap untuk disiramkan ke tanaman. Untuk kekentalannya anda bisa menyesuaikan, jika dirasa warnanya terlalu pekat bisa diencerkan. Tapi teh kompos ini relatif aman jika dibandingkan dengan POC dengan bahan gula, karena proses fermentasinya tidak mengandung alkohol.

Teh Kompos Siap Untuk Digunakan

Teh Kompos Siap Untuk Digunakan

Anda bisa menyimpannya di jerigan bekas minyak goreng, dan siap digunakan di kemudian hari.

Penyimpanan POC Teh Kompos

Penyimpanan POC Teh Kompos

Sejatinya sampah organik itu adalah emas hitam yang terabaikan ya sobat, So, happy composting dan happy gardening. Jangan lupa tanam apa yang kamu tanam, dan makan apa yang kamu tanam.

Baca Juga : Cara Buat POC dari Air Cucian Beras