Pada kesempatan ini saya akan menginformasikan kepada teman-teman tentang bagaimana cara praktis membuat kompos cacing (worm composting). Yaitu bagaimana kita memproses limbah rumah tangga menjadi kascing (bekas cacing) dan selain itu kita juga memproduksi cacing, seperti apa dan bagaimana caranya ? mari kita simak penjelasannya di tanamanbuah.com berikut ini.

Keuntungan Membuat Kompos Cacing Tanah

Sebelum saya akan menjelaskan tentang cara praktis bagaimana membuat komposting yang bahan aktifnya itu adalah cacing, saya merasa penting untuk menginformasikan hal ini karena ketika kita melakukan pengomposan dengan menggunakan cacing maka yang kita dapatkan itu adalah :

  1. Kascing. Kascing ini adalah bekas media yang kita gunakan untuk budidaya cacing. Dimana tidak ada lagi yang melawan pupuk organik dari kascing ini selain dari pupuk guano.
  2. Cacing. Cacing itu kita ketahui sebagai sumber nutrisi yang bisa kita gunakan untuk pakan ikan ketika kita menggunakan sistem aquaponik, atau kita bisa gunakan untuk pakan burung.

Khasiat Cacing Tanah dalam Pengobatan

Cacing ini ternyata ada beberapa khasiat, mungkin sudah pernah mendengar bahwa ketika kita sakit panas, ketika kita sakit usus / tipes, maka kita diberikan cacing yang direbus kemudian diminum. Ternyata teman-teman di beberapa literatur cacing ini mempunyai banyak sekali keunggulan sebagai penurun panas, penambah stamina, dan penambah protein. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya dari cacing ini.

Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga dengan Cacing

Bagaimana cara praktis membuat atau mengolah limbah rumah tangga dengan cacing ini ? Mari kita siapkan bahan-bahan dan alat nya.

  1. Dua buah tong plastik. Bisa menggunakan tong plastik bekas cat.

    Tong Plastik Bekas Cat

    Tong Plastik Bekas Cat

  2. Bor
  3. Kunci Inggris
  4. Tang
  5. Mata Bor
  6. Hole Saw (untuk buat lubang)
  7. Gunting
  8. Lem (Castol)
  9. Kain untuk menyaring. (bisa menggunakan kain batis/saringan tahu)
    Apabila tidak ada kain batis, bisa menggunakan kain kasa, atau bisa juga kain bekas kerudung. Yang penting bisa digunakan untuk menyaring.

    Alat yang Dibutuhkan

    Alat yang Dibutuhkan

Baca Juga : Cara Buat Kompos Organik Sederhana

Langkah-langkah Pembuatan Kompos Cacing (Worm Composter)

  1. Kita pasang mata bor nya. Jadi kita mempunyai dua ember. Untuk ember yang pertama, kita biarkan utuh saja. Tetapi kita hanya memperlakukan ember yang kedua.

    Pemasangan Mata Bor

    Pemasangan Mata Bor

  2. Di bagian bawah kita lakukan pengeboran. Kita berikan beberapa titik secukupnya. Lubang nya digunakan sebagai drainase ketika kelembaban nya terlalu tinggi, maka diharapkan air bisa menetes ke bawah.

    Pengeboran di Bawah Ember

    Pengeboran di Bawah Ember

  3. Berikutnya kita akan membuat lubang pada tutup ember yang agak besar. Untuk itu kita menggunakan hole saw ukuran 29 mm. Kita akan membuat beberapa lubang, sekitar 5 lubang saja sudah cukup. Lubang-lubang ini digunakan untuk penyediaan oksigen bagi cacing kita. Tetapi kita mengharapkan tidak ada serangga lain yang masuk di media kita. Makanya kita harus menutup lubang ini dengan kain kasa.

    Mengebor Tutup Ember dengan Hole Saw

    Mengebor Tutup Ember dengan Hole Saw

  4. Memberikan kain kasa dan mengelem nya dengan lem castol. Sekali lagi lubang ini adalah lubang untuk penyediaan oksigen tetapi kita tidak ingin ada serangga lain yang ikut masuk ke dalam komposter kita. Jadi kita harus memberinya kain kasa seperti ini.

    Menutup Lubang dengan Kain

    Menutup Lubang dengan Kain

  5. Terakhir kita akan membuat kain kasa bulat dengan ukuran besar yang nantinya kita masukkan di dalam ember yang dasarnya sudah kita kasih lubang tadi.

    Menutup dengan Kain

    Menutup dengan Kain

  6. Setelah semuanya selesai, tinggal kita set up. Kita masukkan ember yang sudah dilubangi tadi ke dalam ember yang masih utuh seperti gambar berikut.

    Memasukkan Ember

    Memasukkan Ember

  7. Pasang tutup nya kedalam ember.

    Memasang Penutup Ember

    Memasang Penutup Ember

Sebagai catatan, ember bagian bawah tadi digunakan untuk menampung cairan atau pupuk organik cair yang sempat menetes. Sehingga bisa kita gunakan untuk pengecoran. Kemudian yang kedua ini adalah untuk tempat budidaya / pengomposan menggunakan cacingnya. Di bawah nya ada lubang-lubang yang sudah kita kasih kain sebagai penghalang agar cacing tidak menerobos tembus ke bawah.

Dan yang terakhir kita akan memberikan penutup yang ada lubang nya. Sehingga digunakan untuk pertukaran oksigen karena cacing juga dalam siklus hidupnya membutuhkan oksigen. Tapi kita tidak mengharapkan ada serangga lain apakah itu black soldier atau lalat hijau nanti masuk juga ke dalam sistem kita. Makanya kita memberikan penutup seperti ini.

Cara Buat Media Pupuk Kompos Cacing

Setelah kita membuat wadah atau tempat untuk menaruh cacing nanti, maka selanjutnya persiapkan dulu media nya. Berikut langkah-langkah cara membuat media kompos cacing.

  1. Pertama kita memerlukan media. Ini adalah serbuk gergaji atau teman-teman bisa menggunakan baglog jamur. Atau bisa juga media yang tentunya media itu bertekstur remah sehingga mengandung banyak oksigen.

    Serbuk Gergaji

    Serbuk Gergaji

  2. Kemudian ini sedikit koran yang sudah dikasih air. Koran ini bertugas untuk menjaga kelembapan di dalam media supaya tidak terlalu kering. Teman-teman juga bisa menambahkan gedebok pisang.

    Koran yang dikasih Air

    Koran yang dikasih Air

  3. Selanjut nya kita memerlukan cacing. Cacing ini nanti yang kita gunakan adalah cacing jenis ANC (African Night Crawler). Atau temen-temen bisa juga menggunakan cacing yang lain misalkan temen-temen mencari cacing di alam. Tips, jika ingin mencari cacing di alam sekitar, maka bisa dicari di bawah pot atau benda yang bersentuhan dengan tanah yang becek / lembab.

    cacing ANC

    cacing ANC

  4. Terakhir, kita memerlukan pakan cacing. Biasanya kalau di peternakan itu dikasih makan dengan ampas tahu. Tapi karena kita tujuannya adalah mengolah limbah rumah tangga maka kita sediakan saja limbah rumah tangga seperti kulit buah-buahan dan kulit sayur.

    Limbah Rumah Tangga

    Limbah Rumah Tangga

Setelah bahan media diatas sudah siap, maka selanjut nya kita tata sedemikian rupa. Urutannya sebagai berikut.

  1. Pertama, kita masukkan dulu penjaga kelembapan yang terbuat dari kertas koran yang dibasahi tadi.
  2. Kita masukkan media. Media ini bisa berupa serbuk gergaji atau baglog jamur.
  3. Selanjutnya bisa temen-temen bisa memasukkan cacingnya. Sebagai catatan, kalau cacing tanah biasa, memang warnanya hitam karena cacing ini memakan sekaligus tanahnya. Jadi ketika makanannya itu nanti kita ganti dengan limbah rumah tangga, maka sedikit demi sedikit akan berubah warna nya.
  4. Kita masukkan cacing starter. Kita bisa menggunakan cacing ANC sebagai starter agar proses pengkomposan lebih cepat. Untuk takarannya bisa sekitar setengah kilo saja sudah cukup. Sebagai catatan kalau kapasitas cacing nya setengah kilo, paling tidak kita memerlukan media 3/4 dari tong.
  5. Kemudian kita masukkan pakan yang akan dimakan oleh cacing nantinya.
  6. Dan kita masukkan limbah rumah tangga. Jadi limbah rumah tangga ini semakin kecil potongan akan semakin bagus karena cacing itu tidak memakan dengan gigi tetapi hanya menyerap unsur-unsur yang memang sudah terlarut atau membusuk. Sehingga pakan yang lebih cepat membusuk akan lebih bagus. Bisa juga pakan di blender terlebih dahulu. Atau kalau repot bisa juga dipotong kecil-kecil. Asalkan yang kita masukkan ke dalam sistem ini adalah buah atau sayur sayuran yang lunak yang mudah membusuk dan tidak terlalu banyak mengandung serat.
  7. Selanjutnya di bagian atas kita berikan penutup dari kertas bungkus supaya tidak banyak terjadi penguapan.
  8. Terakhir kita tutup. Sambil waktu berproses temen-temen bisa memberikan pakan ketika pakan ini habis. Dan memberikan media ketika media dirasa kurang remah. Artinya lama kelamaan nanti media yang kita gunakan tadi akan semakin memadat dan secara berkala 1 minggu sekali atau dua minggu sekali nanti media yang telah memadat itu bisa kita lakukan pengadukan. Dan sembari menambahkan media yang remah yaitu serbuk gergaji atau bekas log jamur agar kapasitas atau tempat hidup cacing ini menjadi lebih bagus setelah lama kita biarkan.

Penting bagi teman-teman untuk meletakkan komposter ini pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak terkena hujan secara langsung. Anda bisa meletakkan di gudang, garasi ataupun di dapur. Yang paling efektif adalah di dapur karena akan dekat dan mudah dalam mengisi media limbah dapur. Selain itu, komposter ini sangat mudah untuk di bawa ke mana-mana. Karena memang kita membuatnya dari bekas ember, sehingga desain nya pun ada cangklongan dan praktis sekali untuk dipindah-pindah.

Demikian tadi temen-temen informasi yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini tentang bagaimana cara praktis untuk membuat sendiri worm komposting / kompos cacing tanah yang tentunya cara pembuatannya sangat mudah dan simple serta bisa dipindah ke mana-mana. Terimakasih, semoga berhasil, nantikan postingan berikutnya hanya di www.tanamanbuah.com