Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Halo sahabat pecinta bonsai, Adenium dan tanaman buah lainnya, kembali lagi bersama tanamanbuah.com, pada kesempatan kali ini kita akan menampilkan bagaimana cara memancing dan mendapatkan jamur trichoderma di mana jamur tersebut sangat bermanfaat bagi tanaman kesayangan kita. Salah satunya sebagai agen hayati untuk mencegah busuk akar dan batang akibat serangan jamur fusarium dan beberapa manfaat lainnya dari jamur trichoderma tersebut.

Bahan Membuat Jamur Trichoderma

Penyebaran trichoderma sangat luas dan di sekitar kita namun dalam jumlah yang sangat kecil. Oleh karena itu untuk mendapatkan jamur tersebut kita harus pancing atau kumpulkan terlebih dahulu mengingat manfaatnya untuk tanaman kesayangan kita. Adapun bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk memancing dan mendapatkan jamur trichoderma tersebut antara lain yaitu :

  1. Daun bambu kering. Usahakan masih sedikit berwarna hijau.
  2. Nasi dari beras yang berkualitas bagus.
  3. Kardus bekas dan beberapa alat pendukung lainnya.

Bagaimanakah langkah selanjutnya untuk memancing dan mendapatkan jamur trichoderma tersebut? Bagaimana prosesnya ? yuk mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Cara Memperbanyak Jamur Trichoderma

Sebagai langkah pertama, siapkan lah nasi matang dalam keadaan dingin yang berfungsi sebagai media untuk memancing jamur trichoderma tersebut dan wajib dari beras yang berkualitas bagus. Cucilah tangan terlebih dahulu agar lebih bersih dan steril sehingga tidak terjadi kontaminasi lalu kepal kepal nasi tersebut kurang lebih sebesar bola pingpong sehingga menjadi seperti ini dengan jumlah disesuaikan saja.

Nasi Kepal

Nasi Kepal

Setelah itu siapkanlah kardus bekas kemudian letakkan daun bambu didalamnya dengan ketebalan kurang lebih 2 hingga 3 cm. Sertakan pula sedikit tanah dari bawah pohon bambu tersebut dan pada bagian atasnya letakkan daun bambu dengan ukuran yang lebih besar dan lebar.

Tempat Untuk Menumbukan Trichoderma

Tempat Untuk Menumbukan Trichoderma

Letakkanlah nasi yang kita kapal-kapal sebelumnya di atas daun bambu tersebut lalu tutup menggunakan kain atau cukup menggunakan daun bambu kembali hingga kardus tersebut terisi dengan penuh.

Peletakkan Nasi Kepal

Peletakkan Nasi Kepal

Setelah itu tutup rapat kardus tersebut menggunakan lakban dan letakkan kardus tersebut di tempat yang teduh dan gelap, aman dan terhindar dari sinar matahari secara langsung ataupun guyuran air hujan. Kita tunggu hingga 5 sampai 7 hari kedepan.

Setelah 5 hingga 7 hari kita buka kardus tersebut lalu bersihkan semua daun bambu yang berada pada bagian atas.

Setelah kita bersihkan maka yang kita dapati pada nasi tersebut telah ditumbuhi jamur beraneka warna dan biasanya ini disebut dengan F0 atau filial dan untuk jamur trichoderma itu sendiri biasanya berwarna hijau muda, lama-kelamaan akan berubah menjadi hijau tua.

Jamur Trichoderma Bercampur Fillial

Jamur Trichoderma Bercampur Fillial

Untuk mengembangkan jamur trichoderma murni maka kita perlu memperbanyak melalui F0 tersebut dengan cara mengambil jamur trichoderma yang berwarna hijau menggunakan cottonbud.

Letakkan bibit jamur trichoderma pada cottonbud tersebut pada nasi dengan kriteria yang sama atau bisa juga cukup kita oles-oles kan cottonbud tersebut secara merata. Semakin banyak maka akan semakin bagus.

Pemindahan Trichoderma Menggunakan Cottonbud ke Nasi

Pemindahan Trichoderma Menggunakan Cottonbud ke Nasi

Letakkan nasi yang telah diberi bibit jamur trichoderma tersebut ke dalam wadah yang baru dengan media dan perlakuan yang sama yaitu kita tunggu hingga 5 sampai 7 hari kedepan.

Setelah kurang lebih 5 hingga 7 hari kita buka kardus tersebut maka yang kita dapatkan adalah jamur trichoderma murni atau F1 dan setelah itu bisa langsung kita perbanyak sebanyak-banyaknya atau bisa juga langsung kita aplikasikan baik dalam bentuk padat ataupun cair dan cara paling efektif dan mudah yaitu dengan cara membenamkannya di dalam media tanam.

Jamur Trichoderma Murni

Jamur Trichoderma Murni

Untuk memancing dan mengembangbiakan jamur trichoderma ataupun jamur lainnya perlu ditekankan pentingnya keamanan dan kesehatan. Oleh karena itu selama proses tersebut lakukanlah di luar rumah dan jauh dari jangkauan anak-anak, cuci tangan sebelum dan sesudah proses tersebut dilakukan atau gunakanlah alat-alat pelindung lainnya minimal menggunakan masker dan sarung tangan mengingat jamur trichoderma tersebut memang baik untuk tanaman kesayangan kita, namun salah satu efek bagi kesehatan manusia yaitu membuat hidung dan tenggorokan gatal dan panas.

Untuk valid atau tidaknya jamur trichoderma yang kita kembangkan memang sebaiknya dilakukan uji lab. Namun untuk skala kecil atau skala rumahan untuk melakukan hal tersebut memerlukan alat yang cukup canggih dan biaya yang cukup lumayan maka untuk mengantisipasi hal tersebut maka aplikasikan pada dua tiga tanaman terlebih dahulu. Selama hasilnya positif maka bisa kita lanjutkan dan sebaliknya.

Oke cukup sekian pembahasan mengenai cara memperbanyak jamur trichoderma kali ini. Jangan lupa untuk tetap simak pembahasan di postingan berikutnya mengenai cara aplikasi dan hasilnya dari jamur trichoderma tersebut. Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Membuat Mol Nasi