Assalamualaikum Wr. Wb. Hai sobat para pecinta tanaman hias, bonsai dan ragam tanaman lainnya, kemarin kita telah berbagi tips dan tutorial mengenai cara memperbanyak cabang adenium sejak dini. Nah, pada postingan kali ini kita akan melanjutkan proses tersebut. Kita akan mengulas tentang bagaimana membuat percabangan adenium tersebut seimbang, baik besar, panjang serta jumlahnya. Dan agar pertumbuhan pada batang utamanya tumbuh tidak terlalu besar dan cepat. Sehingga nantinya penampilannya lebih menarik dari sebelumnya.

Cabang Adenium Indah

Cabang Adenium Indah

Perlu diketahui bahwa semakin banyak cabang maka penampilannya akan lebih indah dan menarik, lebih rimbun dan terkesan lebih tua dari umur yang sebenarnya. Bunga yang dihasilkan juga akan lebih banyak jumlahnya. Bagaimanakah proses dan bagaimana perkembangannya ? Kita akan ulas berikut ini.

Sedikit mengulas tentang cara memaksa atau memperbanyak cabang dengan mudah pada Adenium sejak usia dini, setidaknya sudah ada tiga cara yang ditunjukkan yaitu :

  1. Soft Pruning yaitu dengan cara memotong tiga hingga empat helai daun teratas.
  2. Yang kedua hard pruning yaitu dengan memotong tunas dimana tiga hingga empat helai daun tersebut tumbuh.
  3. Yang terakhir yaitu dengan menyayat atau melukai di atas mata tunas di mana cabang ingin kita tumbuhkan.

Untuk membuat bibit adenium hasil dari memperbanyak cabang ini tumbuh lebih indah dan menarik terutama pada bagian percabangan sehingga dihasilkan bentuk yang lebih proporsional maka memerlukan perawatan rutin dan berkala serta perlakuan lanjutan. Dan hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Perawatan rutin dan berkala antara lain yaitu: penyiraman, pemupukan, pencegahan hama dan penyakit serta penggantian media dan wadah. Dan untuk perlakuan lanjutan salah satunya dengan cara kita pruning yaitu dengan memotong sebagian atau seluruh daun serta membuang cabang yang pertumbuhannya kurang dominan atau tidak kita inginkan. Dan pruning itu sendiri terbagi dalam beberapa tahap dalam proses ini.

Tahapan Pruning pada Adenium

Untuk pruning pada tahap pertama dilakukan dengan cara memotong seluruh daun serta tunas yang pertumbuhannya kurang dominan atau tidak kita inginkan pada batang utama. Dengan tujuan agar menghambat pertumbuhannya sehingga dengan cara tersebut maka nutrisi terfokus pada calon cabang yang kita inginkan sehingga tumbuh membesar.

Pruning Adenium Tahap I

Pruning Adenium Tahap I

Setelah beberapa minggu di mana calon cabang tersebut mulai tumbuh semakin memanjang dan membesar, baru kita lakukan seleksi kembali agar pertumbuhan bisa sama rata dengan cara dilakukan pruning pada tahap kedua.

Pruning pada tahap kedua ini dilakukan dengan cara memotong sebagian atau seluruh daun yang ada pada cabang yang pertumbuhannya lebih cepat dan besar dengan menyisakan daun tetap utuh pada cabang yang pertumbuhannya lebih kecil dengan tetap membuang seluruh daun yang ada pada batang utama untuk menghambat pertumbuhannya.

Pruning Adenium Tahap II

Pruning Adenium Tahap II

Untuk pruning yang akan dilakukan pada tahap ke-3 dan seterusnya kurang lebih dengan cara dan tujuan yang sama. Yaitu dengan cara memotong sebagian atau seluruh daun yang ada pada cabang yang pertumbuhannya lebih cepat dan besar dan menyisakan daun tetap utuh pada cabang yang pertumbuhannya lebih kecil dan pendek dengan tetap membuang seluruh daun yang ada pada cabang utama.

Pruning Adenium Tahap III

Pruning Adenium Tahap III

Selain untuk menyamakan cabang, pruning pada tahap ketiga dan tahap-tahap seterusnya juga bertujuan untuk membesarkan bonggol dan batang serta memperpendek jarak antara daun yang satu dengan daun yang lain. Sehingga dengan cara tersebut ketika kita akan melakukan pemangkasan cabang pada tahap selanjutnya, calon tunas yang muncul bisa tumbuh lebih dari satu dengan jarak yang saling berdekatan sehingga cabang yang dihasilkannya tentu akan lebih banyak dan terlihat lebih rimbun.

Dari proses awal, dimulai dari cara memperbanyak cabang dan pruning pruning yang telah dilakukan, setelah menghasilkan cabang dengan bentuk proporsional maka pruning total wajib dilakukan yaitu dengan cara membuang tiap daun yang ada baik pada batang utama ataupun cabang-cabang yang telah dihasilkan. Dan sekali lagi, selain jenis apapun treatment yang dilakukan pada Adenium untuk tujuan tertentu, kesehatan dan kesuburannya ikut andil dalam menentukan hasilnya.

Dan semoga dengan adanya tutorial cara memperbanyak adenium ini, anda memiliki gambaran bagaimana cara mengubah penampilan Adenium yang biasa menjadi istimewa. Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Perbanyak Cabang dan Ranting Adenium