bibit kelengkeng

Bibit Stek Kelengkeng

Pada gambar diatas adalah hasil sambungan sisip dengan entres pilihan, masih berbungkus plastik karena masih belum kita buka tapi sudah ada bunganya. Jadi cepat sekali jika pada pemilihan entres nya tepat, kita pilih entres dari indukan yang sudah tua pucuknya nanti akan keluar tunas baru dengan membawa bunga seperti gambar diatas. Ini menandakan bibit itu berkualitas karena baru beberapa bulan dari sambungan sudah keluar bunganya. Oke nanti kita akan membahas trik dan caranya agar pembuatan bibit kelengkeng keluar bunganya dengan cepat. Berikut trik dan tips yang bisa dicoba.

baca juga : Cara Mencangkok Kelengkeng Yang Benar Agar Cepat Berbuah

  1. Pilih rootstock yang sehat yang subur dan masih hijau. Kemudian kita buang cabang-cabang yang tidak kita gunakan. Lalu ditengah-tengahnya kita ambil kurang lebih 30 cm untuk kita potong.
    rootstock kelengkeng

    Rootstock Kelengkeng Berkualitas

    Siapkan alat-alat seperti : gunting dahan, cutter / pisau tajam, plastik es untuk membungkus dan mengikat hasil sambungan.

    alat stek kelengkeng

    Alat-alat untuk Stek Kelengkeng

  2. Cara memilih entres untuk sambungan atasnya, kita pilih entres yang sudah tua tapi masih hijau, agar nanti sambungannya cepat berhasil. Ditandai dengan kalau dipatahkan tidak mudah patah/lentur.

    entres kelengkeng

    Entres Kelengkeng Yang Bagus

  3. Kemudian kita potong daun-daun entres sambungan atas tadi, untuk kita sisipkan entres yang sudah kita pilih tadi dan kita posisikan di seedling. Gunakan pisau yang tajam atau cutter, lalu bagian seedling nya kita pilih bagian yang rata.

    entres kelengkeng

    Pemotongna Entres Kelengkeng Siap Stek

  4. Sesudah kita tancapkan ke seedling kemudian kita plester / ikat menggunakan plastik es. Kemudian unjung stek tadi kita tutup dengan pastik supaya kelembaban terjaga.

    entres kelengkeng

    Pengikatan Stek Kelengkeng dengan kantong Plastik Es

Mudah bukan ? selamat mencoba dan semangat bekerja.