Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sobat pecinta tanaman adeniuim dan ragam tanaman hias lainnya. Kembali lagi bersama tanamanbuah.com sebuah blog yang membahas seputar seni bonsai, perawatan Adenium dan beragam tanaman lainnya. Pada kesempatan kali ini kita masih membahas seputar dunia Adenium dan masih membahas seputar bagaimana cara memperbanyak cabang pada adenium.

Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa banyaknya cabang pada Adenium pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain yaitu jenis, perawatan rutin dan berkala, perlakuan serta kesehatan dan kesuburannya. Sebagai contoh berikut ini ada Adenium dari beberapa jenis. Dimulai dari sebelah kiri yaitu cabang seribu atau yang biasa disingkat dengan cabse jenis arabicum dan dari jenis obesum.

Adenium Cabang Seribu

Adenium Cabang Seribu

Dari beberapa jenis Adenium yang sudah disebutkan, dari sekian banyaknya varian yang ada saat ini memiliki sifat serta karakter yang berbeda-beda. Dan oleh sebab itu, jika ingin memiliki Adenium dengan percabangan yang banyak sebaiknya kenali dahulu adenium jenis apakah yang anda miliki. Karena hasilnya juga akan bervariasi.

Terlepas dari apa yang sudah disampaikan, pernahkah anda menyaksikan atau bahkan melakukan cara memaksa atau memperbanyak cabang pada Adenium khususnya untuk Adenium yang ukurannya besar atau sudah tumbuh dewasa menggunakan alat tusuk gigi? Apakah dengan alat tusuk gigi tersebut mampu menambah jumlah cabang pada adenium? Apakah itu hoax? Yuk mari kita simak ulasannya berikut ini.

Cek Fakta Tusuk Gigi Untuk Perbanyak Cabang

Cek Fakta Tusuk Gigi Untuk Perbanyak Cabang

Untuk mengawali dan membuktikan percobaan kali ini, di sini telah disiapkan Adenium dari jenis obesum, dimana Adenium dari jenis tersebut rata-rata pertumbuhannya cenderung lurus-lurus saja. Dan hanya akan bercabang setelah mencapai usia tertentu atau hanya akan bercabang/tidak setelah dilakukan treatment khusus. Namun kembali lagi pada perawatan, perlakuan, kesehatan dan kesuburannya.

Adenium Jenis Obesum

Adenium Jenis Obesum

Jika dilihat dari ukurannya, Adenium ini sudah cukup umur / dewasa dan memiliki 3 buah cabang di mana masing-masing cabang tersebut nantinya akan dilakukan treatment untuk memperbanyak cabang dan tentunya salah satu cabang tersebut nantinya akan ditusuk menggunakan tusuk gigi.

Dari masing-masing cabang tersebut, pada cabang bagian tengah memiliki ukuran yang lebih besar dari cabang yang lain. Setelah dipotong lalu ditusuk menggunakan tusuk gigi. Apabila diperhatikan, rata-rata pertumbuhan cabang pada bagian tengah cenderung lebih dominan dari cabang yang lain. Dan setelah ditusuk harusnya nantinya memiliki cabang yang lebih banyak jika teori tersebut benar adanya.

Pembuktian Tusuk Gigi untuk Perbanyak Cabang Adenium

Pembuktian Tusuk Gigi untuk Perbanyak Cabang Adenium

Untuk salah satu cabang dengan ukuran yang lebih kecil hanya dipotong. Dan untuk cabang terakhir hanya diiris di atas mata tunas di beberapa titik secara bertingkat.

Tiga Cabang dengan Metode Yang Berbeda beda

Tiga Cabang dengan Metode Yang Berbeda beda

Dari masing-masing cabang tersebut telah dilakukan treatment untuk memperbanyak cabang. Dan dengan metode yang telah dilakukan pada masing-masing cabang tersebut, diharapkan nanti kedepannya cabang yang dihasilkan lebih banyak.

Alasan mendasar menggunakan satu pohon dengan tiga cabang yaitu agar kita tahu perkembangan pada masing-masing cabang tersebut setelah dilakukan treatment dengan membandingkan hasil yang kita dapatkan. Alasan yang kedua yaitu, jika kita menggunakan tiga pohon hasilnya tentu akan berbeda-beda karena masing-masing Adenium memiliki kualitas yang berbeda-beda pula walaupun dari satu indukan dengan usia yang sama.

Dengan melihat hasil perkembangan dalam beberapa minggu pada masing-masing cabang tersebut, telah tumbuh cabang baru dengan besar dan jumlah yang bervariasi. Untuk cabang pada bagian tengah yang sejak awal treatment memiliki ukuran yang lebih besar dan pertumbuhannya yang lebih dominan pada pohon Adenium tersebut, setelah ditusuk harusnya memiliki percabangan yang lebih banyak dari cabang-cabang yang lebih kecil ukurannya.

Hasil 2 Minggu

Hasil 2 Minggu

Namun, pada cabang yang di samping yang hanya dipotong justru memiliki yang baru yang lebih banyak dan lebih panjang. Dan untuk cabang terakhir yang di iris di atas mata tunas, cabang baru hanya tumbuh pada bagian atas.

Setelah 4 Minggu

Setelah 4 Minggu

Dengan melihat hasil tersebut ketika kita menancapkan tusuk gigi pada bagian tengah-tengah batang Adenium dengan harapan mampu mendorong mata tunas yang ada sehingga cabang baru yang dihasilkan lebih banyak dan dengan melihat ukuran tusuk gigi, tusuk sate atau tusuk lidi yang digunakan tidak bisa membuktikan hasilnya.

Sedangkan untuk cabang yang hanya dipotong justru memiliki cabang baru yang lebih banyak dan lebih panjang. Dan untuk cabang terakhir hasilnya kurang memuaskan karena metode yang digunakan juga berbeda.

Dengan melihat hasil percobaan itu pula, ketika kita melakukan pemotongan atau hal-hal lain untuk tujuan tertentu pada adenium, misalnya pemangkasan daun, cabut rumput atau gulma dan lain-lain sehingga meninggalkan luka, goresan atau luka sekecil apapun sudah memiliki resiko yaitu bisa menyebabkan terjadinya pembusukan. Dengan kata lain setelah kita potong lalu kita tancapkan tusuk gigi tersebut, berarti kita memperbesar luka yang telah ada dan akibatnya yaitu resiko terjadinya pembusukan juga akan lebih besar dengan hasil yang tidak maksimal.

Jadi kesimpulan dengan melihat hasil percobaan tersebut maka untuk memaksa atau memperbanyak cabang pada Adenium menggunakan tusuk gigi adalah hoax dan sebaiknya tidak dilakukan. Mengingat hal tersebut justru hanya menambah resiko yaitu bisa menyebabkan terjadinya pembusukan dengan hasil yang tidak memuaskan.

Kalaupun dengan metode tersebut cabang baru tetap tumbuh dengan jumlah yang bervariasi bukan semata-mata karena penusukan yang dilakukan. Melainkan karena beberapa faktor yang sudah disebutkan di awal, yaitu jenis Adenium yang digunakan, perawatan rutin dan berkala, perlakuan dan sekali lagi apa pun treatment yang dilakukan pada Adenium untuk tujuan tertentu, kesehatan dan kesuburan nya ikut andil dalam menentukan hasilnya.

Oke, cukup sekian postingan kali ini mengenai fakta tentang perbanyakan cabang adenium menggunakan tusuk gigi yang ternyata hanya sugesti atau hoax saja.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila dalam penulisan ini ada salah kata. Jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Buat Cabang Adenium Indah