Pernahkah anda mengalami kegagalan dalam merawat dan membesarkan anakan ayam (DOC)? Jika iya, maka postingan kali ini layak untuk disimak karena akan membahas secara lengkap dan detail bagaimana cara membesarkan anak ayam kampung DOC agar cepat besar dan sehat menurut pengalaman saya. Disini kita akan bahas cara membesarkan anak ayam khusus di daerah dingin seperti di daerah dataran tinggi dan lereng gunung.

Anak ayam DOC

Anak ayam DOC

Langsung saja, hal pertama yang kita lakukan adalah membuat kandang ayam dengan ukuran kira-kira 120cm x 60cm. Kandang ini berfungsi sebagai brooder box atau kotak pemanas (kotak penghangat pengganti indukan ayam). Saya biasa menggunakan brooder box ini untuk 100 anak ayam.

Brooder box

Brooder box

Brooder box ini sangat penting sekali bagi anakan ayam di daerah dataran tinggi / suhu dingin agar anakan ayam tetap terjaga dan stabil suhu tubuhnya. Anda bisa mengkombinasikan brooder box dengan kandang umbaran ukuran 1m x 1m. Jadi saat siang hari ada sinar matahari yang masuk ke dalam kandang anak ayam.

Ingat, sebelum menempatkan anak ayam, maka sediakanlah alas kandang dengan kertas bekas. Kemudian siapkan juga tempat minuman yang sudah diisi dengan larutan Vita Chicks sesuai dosis. Sebagai tambahan, usahakan tempat minumnya steril, bisa disemprot dulu dengan disinfektan (medisep).

Vita Chick

Vita Chick

Siapkan juga lampu penghangat bisa menggunakan 60 watt atau 40 watt. Tetapi bisa disesuaikan besaran watt nya sehingga sesuai dengan suhu di daerah anda.

Satu brooder box ini bisa menampung sekitar 100 ekor. Dan berikut adalah penampakannya.

Ukuran Brooder Box

Ukuran Brooder Box

Jika daerah anda sangat dingin, bisa menggunakan dua lampu dalam satu brooder box. Lampu yang pertama 60 watt dan lampu kedua ukuran 40 watt. Berikan juga 3 tempat makanan ukuran kecil dan 1 tempat minum yang sudah diisi dengan vitamin vitachick.

Karena anak ayam DOC masih diselimuti bulu-bulu yang halus dan masih tergantung pada suhu yang hangat, maka untuk mengatasi kegagalan dalam pemeliharaan, berikut ini tips yang bisa dicoba.

1. Kehangatan suhu kandang
Penempatan ketinggian lampu hendaknya sekitar 20 cm hingga 30cm dari dasar kandang. Kalau anak ayam sudah merasa nyaman, maka dia akan menyebar ke seluruh area kandang dan tidak berdesakan untuk berebut panas. Karena kalau berdesak-desakan akan mengakibatkan kematian.

Suhu Kandang

Suhu Kandang

Sebaliknya, jika suhu lampu terlalu panas, maka anak ayam DOC akan menjauhi lampu. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menurunkan watt lampu yang lebih kecil lagi, atau anda bisa membuka sebagian kandang agar panas bisa keluar.

2. Tersedianya air minum vitamin
Anak ayam yang baru menetas tidak akan langsung makan, biasanya di hari ke 2, anak-anak ayam ini baru mulai mematuk-matuk sesuatu dan sebagian sudah mulai minum. Anda bisa sediakan 3 tempat makanan dan isi pakan sedikit-sedikit karena DOC anak ayam ini baru belajar makan dan mengenali makanan. Biasanya usia 3 hari ke atas, anak-anak ayam ini akan respek dan agresif ketika kita sediakan makanan.

3. Perkenalkan dengan sinar matahari
Masuk usia 4 hingga 5 hari, DOC anak ayam bisa mulai diperkenalkan dengan sinar matahari. Untuk itu, salah satu sisi kandang bisa dibuat terbuka yang dilindungi kawat ram. Jangan lupa kalau mendung, hujan atau malam hari, kandang brooder box ini ditutup keseluruhan untuk menjaga suhu agar tetap stabil. Walupun ditutup, sediakan juga ventilasi sedikit untuk keluar masuk udara.

Sinar Matahari di Kandang Ayam

Sinar Matahari di Kandang Ayam

4. Persiapan kandang umbaran
Memasuki usia 6-7 hari bisa diperkenalkan dengan kandang umbaran. Kandang umbaran ini berukuran 1m x 1m dengan tinggi 50cm. Kandang umbaran ini nantinya disambungkan dengan brooder box. Yang perlu diperhatikan dalam penempatan kandang umbaran adalah, harus terkena sinar matahari langsung dan beralaskan tanah.

Kandang Umbaran

Kandang Umbaran

5 Komposisi pakan
Untuk makanan bisa anda berikan pakan jadi atau starter seperti 511 atau BR 1 atau merek lainnya. Kalau tujuannya untuk komersil, maka bisa diracik dengan pakan sendiri dari ampas tahu fermentasi yang dicampur pakan starter pabrikan.

Komposisi Pakan Ayam

Komposisi Pakan Ayam

Nah, untuk campuran pakan dan tips lainnya agar anak ayam kampung DOC ini sehat dan cepat besar silakan pantau terus blog ini ya sahabat. Sampai jumpa.

Baca Juga : Apa itu Anak Ayam DOC