Hama Kutu Putih

Penampakan Hama Kutu Putih / Tungau

Kembali bersama TanamanBuah.com, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengenali dan memberantas hama tungau pada tanaman buah tabulampot. Perlu kita ketauhi bahwa khusus hama tungau ini termasuk hama yang bukan golongan insecta (belalang, jangkrik, ulat, kepik dll). Tetapi untuk hama tungau itu berbeda karena tungau itu sendiri tergolong bukan hama golongan insecta akan tetapi golongan acarina. Jadi kalau ada orang yang mengatakan tungau itu adalah kutu-kutuan itu salah besar, memang sekecil kutu tetapi khusus tungau ini sebangsa laba-laba, caplak, sama-sama berkaki delapan.

Yang terpenting saya akan mencoba untuk mengulas bagaimana cara memberantas hama tungau ini. Ada yang mengatakan bahwa hama tungau ini disebabkan karena daun, kita berantas pakai fungisida, insectisida macam-macam tetapi bukannya malah ada kemajuan lebih baik tetapi semakin parah. Serangan tungau ini biasanya lebih parah apabila menyerang tanaman jambu yang berwarna merah seperti black kingkong, dalhari, pink rose. Bisa bisa sampai gundul kalau menyerang jambu warna merah ini. Tungau selama ini banyak ditakuti para petani menyerang tanaman cabe, tetapi pada kali ini kita sudah banyak menjumpai tanaman kita yang terserang tungau yang seperti ini pada tanaman jambu madu. Untuk tingkat pertama serangan bisa dilihat seperti gambar dibawah ini:

hama kutu putih

Hama Kutu Putih / Tungau Pada Jambu Madu

Gejala awal hama tungau seperti bertepung putih kalau dilihat dari atas, dibelakang daun akan kita jumpai tulang daun bagus, postur nya juga normal saja tetapi kalau dilihat secara dekat dibawah daun ada bintik-bintik putih telur tungau. Kalau kita gesekkan daun tersebut pakai jari maka ribuan tungau (pakai kaca pembesar) akan menempel di jari kita.

Hama tungau ini akan menyerang daun yang sudah mempunyai klorofil. Dia akan menghisap cairan itu dari atas, berkembang biak dari atas. Jadi bagaimana cara untuk memberantas hama tungau ini? Kita harus melakukan penyemprotan full, atas bawah sampai ke dalam media tanam. Sebelum kita lanjut lebih jauh, kita harus juga mengetahui penyebab kehadiran tungau ini ke dalama media dan kepada pohon.

Penyebab hama tungau pertama kali disebabkan oleh kotoran sapi / kotoran yang tidak difermentasi / kotoran hewan yang tidak kita kompos / kompos yang kita gunakan menggunakan sekam padi yang tidak di sterilkan. Apalagi sekam padi itu masih membawa meniran. Walaupun kita sudah kita kompos apalagi komposnya tidak sempurna masak nya, itulah sebabnya didalam kompos itu ada beberapa ekor tungau dia akan berkembang disana. Yang kedua juga faktor lingkungan yang tidak bersih.

Obat Hama Kutu Putih / Tungau

Marshal 200 EC

Setelah kita ketahui penyebab hama tungau ini, maka kita bisa secara mudah melakukan pemberantasan atau penangannya. Kita hanya bisa berantas hama ini dengan menggunakan pestisida yang mengandung bahan aktif karbosulfan 200 dari merek produksi Marshal 200 EC dari produk FMC. Perlu diingat produk Marshal itu ada tiga jenis. Yang pertama Marshal untuk membasmi insektisida (kepik, belalang, ulat, jangkrik). Tetapi yang satu ini Marshal Insektisida dan Akarisida. Ingat jangan salah ya. Kemudian ada juga Marshal yang berbentuk butiran / granul biasanya untuk membasmi semut.

Berikut langkah-langkah kerja untuk membasmi Akarisida jenis tungau pada tanaman buah tabulampot. Pertama kita masukkan air kedalam tanki semprot minimal seperempat dari isi tangki. Atau setelah merendam leher tabung klep yang ada di tangk baru setelah itu kita masukkan cairan obat. Apabila kita pertama kali tadi memasukkan obat, maka otomatis obat berada dibawah dan mengisi rongga klep, begitu kita memompa pertama kali, maka semua obat tadi langsung keluar. Resikonnya yang pertama mendapat semprotan tanamannya akan mati terbakar karena obat yang keluar kental. Kembali lagi ke langkah kerja, kalau untuk perawatan kita cukup menggunakan 1 cc saja untuk satu liter air. Tetap kalau sudah parah, maka kita menggunakan 2 cc untuk satu liter air.

Sebelum kita melakukan penyemprotan, jangan lupa untuk menggunakan masker. Lalu tentukan arah angin jangan sampai menyemprot kita berlawanan dengan angin. Semprot tipis-tipis sambil menekan pompa. Semprot pada tanaman secara merata, mulai dari media, batang dan daun juga disemprot secara merata. Harus benar benar basah di segala sisi. Penyemprotan ini bisa dilakukan cukup 2 kali saja biasa nya sudah tuntas interval seminggu sekali. Perlu diketahui bahwa perkembangan terdahsyat serangan hama tungau ini akan lebih pesat di musim kemarau.

Demikian tutorial mengenai pengendalian hama tungau dan pemberantasan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.