Assalamualaikum Wr. Wb. Ada beberapa pertanyaan masuk ke redaksi tanamanbuah.com mengenai cara membedakan anggur lokal dan import secara visual atau bisa dilihat secara langsung. Perlu dipahami bahwa kadang memang sulit membedakan antara anggur lokal dengan import terutama kalau masih berupa bibit.

Ragam Jenis Anggur Import

Ragam Jenis Anggur Import

Misalnya jupiter dengan isabel, kemudian varian seperti angelica, yellow belgie, transfigurasi dan autum royal semuanya itu daunnya mirip-mirip pada waktu masih bibit. Tapi kalau diperhatikan secara seksama sebenarnya mereka berbeda. Sebagai contohnya mari lihat anggur jupiter dan isabella berikut:

Daun Anggur Jupiter Halus Tanpa Serat Kain

Daun Anggur Jupiter Halus Tanpa Serat Kain

Daun Anggur Isabella Berbulu

Daun Anggur Isabella Berbulu

Bisa kita lihat daun anggur jupiter sekilas mirip dengan isabella, tapi kalau kita balik bawahnya, untuk jupiter halus dan tidak ada bulu atau serat kain. Sedangkan yang Isabella ada bulu halus seperti kain masker.

Kalau masih kesulitan membedakannya, sementara anda ingin memesan bibit maka dapatkanlah bibit dari sumber yang terpercaya dan anda kenal. Kalau bisa cari penjual bibit yang bisa di cek di lokasi dan bisa memberikan garansi kevalidan jenis anggur yang dijual. Sehingga kalau bibit tidak sesuai dengan jenis yang dibeli maka penjual akan mengganti dengan bibit yang sesuai atau uang kembali.

Karena sampai sekarang harga bibit anggur import itu masih terbilang cukup mahal dibanding bibit-bibit lain. Jadi pertimbangkanlah baik-baik ketika anda membeli bibit. Jangan sampai ketipu ketika anda membeli bibit transfigurasi tapi apalah daya dapatnya malah yellow belgie.

Ada beberapa seller di toko-toko online yang menjual berbagai macam bibit anggur. Kita harus cermat apakah bibit itu berupa biji, cutting batang, bibit jadi, paketan, satuan, grosir atau gimana. Janganlah terburu-buru tergiur harga yang murah tapi setelah anda terima bibitnya tidak sesuai jenis yang diinginkan. Jadi waspadalah dan perhatikan baik-baik.

Berbagai Macam Seller Online

Berbagai Macam Seller Online

Seller besar dan sudah terpercaya pun tidak berani menjamin bibit yang anda terima itu seratus persen valid. Jadi mintalah garansi uang kembali atau menggantinya dengan bibit yang sebenarnya. Sebab saat packing sangat mungkin terjadi salah ambil atau salah memberi tulisan tagname.

Untuk lebih amannya bisa cari di grup-grup Facebook yang profilnya sudah terkenal baik, amanah dan tidak ada blacklist karena pernah melakukan penipuan.

Demikian kira-kira cara membedakan jenis anggur dan tips membeli jenis bibit anggur yang kita inginkan agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur Import