Assalamu’alaikum.. maaf ya planters baru update hari ini, karena ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan juga bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 2020 / 1441 H. Baik langsung saja, kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana cara pemasangan mulsa plastik, tentunya ada step selanjutnya yaitu melubangi mulsa secara cepat agar efisien.

Sebelum melanjutkan artikel berikut, ada baiknya untuk membaca postingan yang kemarin :

  1. Cara Menanam Semangka Inul
  2. Cara Pemasangan Mulsa Plastik

Alat Pelubang Mulsa

Untuk alat pelubang mulsa plastik kita bisa menggunakan barang bekas seperti kaleng. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Kita potong kaleng minuman soda atau bisa juga menggunakan cangkir besi kemudian kita buat gerigi seperti gambar dibawah ini.

    Alat Pelubang Mulsa

    Alat Pelubang Mulsa

  2. Rapikan / kikir ujung gerigi agar tajam, supaya pada saat penancapan di mulsa bisa tembus secara sempurna.

Pengaplikasian Alat Pelubang Mulsa

Kita buat jarak tanam sekitar 40 cm. Kemudian tandai jarak tersebut dengan mencongkel sedikit sehingga menimbulkan bekas di mulsa plastik. Untuk pengaplikasiannya tinggal kita tekan saja kaleng yang sudah kita buat tadi ke mulsa yang telah ditandai. Sehingga mulsa tersebut langsung berlubang. Setelah ditancapkan, maka kita cabut secara perlahan, biarkan tanah yang menempel di kaleng terangkat. Hal ini juga mempermudah dalam pemberian pupuk karena secara otomatis alat tersebut melubangi tanah dan mengangkat nya ke permukaan.

Pembuatan Jarak tanam

Pembuatan Jarak tanam

Pelubangan Mulsa Plastik

Pelubangan Mulsa Plastik

Memasukkan Pupuk ke Lubang Mulsa

Untuk memasukkan pupuk kandang, kita bisa isi langsung pada lubang seacra penuh, kemudian ditimbun tanah bekas keluaran tadi. Ulangi pengisian pupuk pada setiap lubang tanam. Dengan metode seperti ini, maka proses pelubangan mulsa dan pengisian pupuk semakin cepat dan efektif. Setelah semua selesai, diamkan dulu selama kurang lebih satu minggu agar lubang tanam ini beradaptasi dengan plastik mulsa nya.

Lubang tanam

Lubang tanam

Perlu diketahui bahwa pembuatan lubang pada mulsa plastik di bedengan ini harus betul-betul rapat. Jangan ada rongga di sekitar lubang karena bisa menimbulkan cendawan, disebabkan karena pertukaran udara yang tidak stabil yang menyebabkan tingkat kelembapan tinggi. Itulah sebabnya pada saat penarikan mulsa harus ditarik sekuat-kuatnya supaya tidak bisa menghasilkan daya lentur kembali.

Demikian sedikit teknik mengenai cara pembuatan lubang tanam pada plastik mulsa dan pemberian pupuk di bedengan. Di postingan selanjutnya kita sudah mulai masuk tahap penanaman semangka inul di bedengan. Tetap simak di blog ini untuk update artikel selanjutnya.

.. bersambung