Pada pembahasan kali ini, TanamanBuah akan mengulas bagaimana cara grafting nangka dengan menggunakan salah satu teknik yang paling mudah yaitu sambung susu. Sebelum kita masuk ke langkah-langkah nya perlu kita ketahui dulu beberapa teknik yang lazim digunakan dalam grafting pohon nangka ini.

Empat Teknik Dalam Okulasi Nangka

Ada beberapa macam teknik untuk melakukan grafting atau okulasi pada nangka, yang pertama adalah grafting huruf V , yang kedua tempel mata tunas yang diambil hanya kulit dan mata tunas nya saja. Kemudian ada teknik menempelkan entres secara utuh dan ditelangkupkan dengan kulit rootstock atau batang bawah nya. Dan yang terakhir adalah khusus untuk pemula yaitu sambung gendong atau sambung susu.

Okulasi nangka memang sedikit membutuhkan ketelitian, karena banyak sekali pertanyaan masuk yang intinya kesulitan dan sering gagal dalam mencangkok atau okulasi. Nah, bagaimana cara mudah untuk meng-okulasi nangka dengan keberhasilan yang hampir 100 persen ? Bisa dicoba menggunakan teknik sambung susu berikut ini.

Baca Juga : Cara Memupuk Anggur

Langkah-langkah okulasi sambung susu pada pohon Nangka

Pertama, sediakan rootstock yang dihasilkan dari biji disemai. Kita dekatkan hasil semai ini ke indukannya, dan nantinya kita sambungkan.

Rootstock Nangka dari Hasil Semai Biji

Kita bersihkan dulu daun-daunya agar mempermudah dalam penyambungan dan kita tunggu 5 menit agar getah ini hilang karna sangat mengganggu ketika melakukan penyambungan nanti. Dan beberapa menit kemudian setelah getah kering, kita siap untuk menempelkannya.

Root Stock Dibersihkan Daunnya dan Tunggu Hingga Getah Mengering

Kita sayat entres dan rootstok seperti menyayat teknik okulasi, dan pastikan benar-benar menempel agar kita berhasil nantinya. Sesudah itu diikat menggunakan plastik es. Dengan cara ini kita tidak khawatir kalau entres nya mati karena entres nya ini masih nyambung ke induknya, sehingga nutrisi tercukupi. Sementara itu kedua luka sayatan yang kita lakukan tadi akan bersatu kurang lebih tiga sampai empat minggu nanti indukannya kita potong.

Proses Penyayatan Induk dan Rootstock

Prinsipnya seperti cangkok susu, hanya saja cangkok susu itu batang yang disambung besar dan dibungkus dengan tanah. Karena teman-teman masih kesulitan cangkok susu maka dibuatlah cara ini yaitu sambung susu / sambung gendong.

Hasil Setelah 4 Minggu

Setelah 4 minggu anda bisa langsung memotong nya. Atau jika ingin berhati-hati anda bisa memotong separo saja dan seminggu kemudian baru di potong total.

Hasil Sambug Susu setelah 4 Minggu

Berikut hasil sambung susu yang sudah jadi dan kita bisa memotongnya serta membuka ikatan sambungan. Walaupun sudah sambungan sudah lengket alangkah baiknya kita tetap membalutnya dengan parafilm atau plastik es untuk mencegah kalau ada terpaan angin besar / tersenggol agar tidak mudah copot.

Hasil Sambung Susu Sudah Tersambung Sempurna

Demikian cara mudah bagaimana menyambung susu / grafting pada pohon nangka untuk pemula sebagai alternatif bagi yang selalu gagal dalam mencangkok. Semoga memberikan informasi tambahan dan berguna bagi kita semua.