Kembali lagi sobat planters, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba praktek bagaimana melakukan grafting/okulasi mangga dengan satu mata tunas. Sebagai informasi, rootstock yang kita gunakan disini adalah batang mangga kweni. bisa dilihat tunasnya berwarna merah sedangkan entresnya adalah entres mangga. Pertanyaanya adalah mengapa hanya menggunakan satu mata tunas ? Yaitu tak lain adalah untuk mengemat entres.

Misal kita memakai entres mahal yang varian terbaru, dengan cara grafting ini cukup memakai satu mata tunas saja untuk menghematnya. Mungkin satu entres ada beberapa mata tunas, kita bisa mengambil satu saja untuk di okulasi. Sehingga satu batang bisa menjadi kurang lebih 10 entres baru.

Cara Grafting Sambung V

Sebenarnya penggunaan entres selain memakai cara grafting tempel mata tunas bisa juga dengan cara sambung V seperti berikut.

Grafting Sambung V

Grafting Sambung V

Baik langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah cara grafting mangga model sambung V dengan satu mata tunas.

  1. Kita potong rootstock dan cek apakah getahnya banyak atau tidak. Kalau getahnya tidak begitu banyak, maka dia akan lebih mudah untuk di okulasikan dan kemungkinan berhasil lebih banyak.

    Persiapan Rootstock

    Persiapan Rootstock

  2. Siapkan entres nya dan potong dengan menyisakan beberapa mata tunas, karena kita akan melakukan sambung V sehingga ada beberapa mata tunas yang terpaka kita potong.

    Persiapan entres mata tunas

    Persiapan entres mata tunas

  3. Anda langsung bisa membelah rootstock seperti berikut. Bisa menggunakan pisau apa saja yang penting bersih dan tajam. Lebih baik menggunakan pisau khusus untuk grafting seperti pisau Victorinox.
    Membelah Rootstock untuk Sambung V

    Membelah Rootstock untuk Sambung V

    Kemudian entres kita potong seperti membentuk huruf V berikut ini. Dan entres bisa langsung ditancapkan ke rootstock mangga tersebut.

    Penancapan Entres ke Rootstock

    Penancapan Entres ke Rootstock

  4. Kita ikat sambungan tadi menggunakan plastik PE. Setelah itu langsung bisa kita sungkup dengan plastik bening, atau kita lilit dengan plastik grafting / plastik es agar tidak terjadi penguapan.
    Proses Ikat dan Sungkup Grafting Mangga

    Proses Ikat dan Sungkup Grafting Mangga

    Nah, kegunaan sungkup tersebut juga menjaga sambungan tadi terkena air hujan. Oiya, jangan khawatir mengenai pertumbuhan tunas, karena plastik yang kita gunakan untuk melilit/menyungkup ini sangat tipis, jadi nanti tunas akan menembus plastik tersebut. Kalau mau lebih optimal gunakan saja plastik parafilm, karena lebih mudah untuk ditembus tunas.

Cara Grafting Sambung Sisip

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara grafting dengan model sambung sisip. Yang perlu dipersiapkan adalah batang rootstock yang agak tua.

  1. Pertama-tama kita kupas batang rootstock seperti gambar berikut ini.

    Kupas Rootstock

    Kupas Rootstock

  2. Kemudian siapkan entres mangga dengan mata tunas bisa dipucuk, tengah atau pangkal. Sebagai contoh kita ambil mata tunas bagian pucuk seperti berikut.
    Mata Tunas Pucuk

    Mata Tunas Pucuk

    Setelah itu kita iris bagian bawah mata tunas seperti berikut.

    Iris Bagian Bawah Mata Tunas

    Iris Bagian Bawah Mata Tunas

  3. Selanjutnya kita bisa tempelkan ke rootstock. Jika ada getah berlebih, nanti bisa kita kerat diatas graftingan tadi, agar getahnya keluar dari situ sehingga tidak mempengaruhi proses grafting tersebut.

    Tempelkan Entres ke Rootstock

    Tempelkan Entres ke Rootstock

  4. Ikat sambung sisip tersebut dengan plastik PE.

    Ikat dengan Plastik PE

    Ikat dengan Plastik PE

  5. Berikutnya kita balut dengan plastik yang lebih tipis, lentur agar mudah ditembus oleh tunas.
  6. Kita bisa kerat bagian atasnya, untuk mengeluarkan getah berlebih. Jangan lupa untuk membersihkan kambiumnya juga.

    Kerat Batang Untuk Menghilangkan Getah

    Kerat Batang Untuk Menghilangkan Getah

Hasil Grafting Mangga

Kita bisa lihat hasilnya, tunas sudah mulai tumbuh dan kita bisa memotong bagian atas untuk memaksimalkan pertumbuhan tunas sambung sisip tersebut.

Hasil Grafting Mangga

Hasil Grafting Mangga

Mudah bukan cara grafting mangga / okulasi menggunakan teknik sambung sisip dan sambung V tersebut ? Silakan dicoba, dan tetap berkreasi walaupun dimasa pandemi ini.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur