Menanam anggur dari biji memang butuh waktu yang cukup lama, belum lagi kualitas biji dan benih yang dihasilkan apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Banyak petani dan kolektor anggur lebih memilih dengan tekhnik okulasi atau grafting ini. Karena dengan cara grafting bisa menentukan dan memilih mana benih yang baik dan menghasilkan buah yang banyak. Nah, kali ini TanamanBuah berkesempatan untuk mengulas bagaimana cara grafting anggur dengan mudah dan tepat.

okulasi sambung sisip anggur

Hasil Sambung Samping Anggur

Sebelum kita masuk ke materi grafting atau okulasi / menyambung entries dan batang bawah anggur, kita ada baiknya melihat terlebih dahulu hasilnya agar kita lebih semangat dan optimis karena telah melihat bahwa cara ini berhasil. Ada banyak cara untuk menyambung atau melakukan grafting anggur. Ada cara sambung pucuk / sambung V, ada juga tempel mata tunas dan ada juga sambung miring. Dan grafting anggur ini sebenarnya lebih mudah jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Dari banyak cara, yang paling mudah adalah sambung pucuk antara entres dengan batang bawah yang masih muda.

Baiklah langsung saja kita mulai. Kita siapkan bahan-bahan dan alatnya dibawah ini :

  1. Batang bawah / rootstock kita ambilkan dari anggur lokal atau import yang terbukti perakarannya bagus. Usahakan perakarannya sudah kuat atau sudah disemai kira-kira satu bulan dari cutting.
  2. Entres. Entres kita ambil dari varietas yang kita inginkan bisa Ninel, Jupiter atau terserah anda.
  3. Alat ikat. Anda bisa menggunakan parafilm atau jika kesulitan mendapatkannya bisa menggunakan plastik es atau plastik PE. Plastik parafilm sebenarnya mempunyai kelebihan yaitu bisa ditembus oleh mata tunas.

Langkah-langkah Grafting / Okulasi Sambung Sisip

  • Kita pastikan entres dalam kondisi sehat dan pastikan ada bud atau mata tunas yang nanti akan tumbuh. Jangan yang mata tunasnya terlalu kecil atau mata tunas mati. Kita pilih yang sehat. Kemudian kita sesuaikan ukurannya agar seimbang antara entres dengan batang bawah/rootstock.
  • Kita iris lurus cabang rootstock kebawah kira-kira satu setengah senti. Untuk entres nya kita iris miring dua sisi kemudian tempelkan.
  • Kita ikat dengan menggunakan plastik dari bawah. Mata tunas juga ditutup jadi bisa tertutup semuanya atas dan bawah.

Langkah-langkah Grafting / Okulasi Sambung Samping

Selain sambung sisip, kita juga bisa menggunakan metode sambung samping. Jadi nyambungnya disamping bukan di pucuk. Kita terlebih dahulu hilangkan daun nya yang menempel di rootstock. Kemudian iris miring rootstock. Bagian entres juga diiris miring. Pastikan irisannya sama agar menempel dengan sempurna. Kemudian kita ikat dengan plastik. Anda boleh menyisakan ujung mata tunas juga tidak masalah dan tidak usah takut kekeringan karena nanti akan kita tempatkan ditempat yang teduh. Untuk lebih detail nya silakan lihat gambar dibawah ini :

sambung samping anggur

Sambung Samping Anggur

Kemudian mata tunas yang ada dibawah kita potong saja, agar nantinya nutrisi fokus ke mata tunas yang ada di entres. Setelah selesai proses sambung samping, kita tempatkan di tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dan nanti diperkirakan tujuh hingga sepuluh hari akan tumbuh tunasnya. Dan biasanya perkembangannya beda-beda ada yang cepet dan ada juga yang agak lambat.

Berikut adalah contoh penyambungan dengan parafilm , bisa dilihat dia sudah hancur dengan sendirinya karena bahannya sangat lentur sehingga sangat mudah untuk diterobos dan dijebol oleh mata tunas dan batang itu sendiri ketika sudah membesar.

hasil sambung samping anggur

Hasil Okulasi Sambung Samping Anggur Menggunakan Parafilm

Oke, itu saja cara okulasi atau grafting anggur ini, dengan metode sambung sisip dan sambung samping. Semoga menginspirasi dan tetap berkarnya.