Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Halo sobat pecinta bonsai, Adenium dan tanaman lainnya, kembali lagi bersama tanamanbuah.com, kali ini kita akan membahas cara grafting adenium dengan mudah. Pada adenium atau kamboja jepang banyak teknik grafting / sambung yang bisa dilakukan antara lain yang paling populer adalah flat atau datar, V karena mirip huruf V, dan grafting susu maupun grafting lainnya.

Grafting atau sambung pada adenium maupun tanaman lainnya bertujuan salah satunya yaitu untuk memperbanyak Adenium dengan cepat, sehingga menghasilkan bibit yang lebih unggul baik itu bentuk bunga, daun, karakter, bentuk dan untuk tujuan-tujuan yang lain. Diantara teknik grafting atau sambung pada Adenium, grafting susu sangat disarankan khususnya bagi pemula yang ingin memperbanyak Adenium dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan teknik grafting model lainnya.

Mengapa demikian ? Alasannya yaitu pada calon entres atau batang atas hanya dipotong sebagian sehingga nutrisi tetap mengalir. Dan inilah sehingga prosentase keberhasilan dan untuk hidup jauh lebih tinggi dibandingkan dengan teknik grafting model lainnya yang rata-rata sebelum dilakukan penyambungan entres atau calon batang atas dipotong secara total. Jika ingin grafting langsung kebunga, sesudah dipotong, grafting susu bisa menjadi pilihan sekaligus bisa menjadi alternatif khususnya bagi pemula yang masih sering gagal dalam melakukan grafting pada adenium. Bagaimana prosesnya ? Yuk mari kita simak langkah-langkah berikut ini.

Sebagai langkah pertama siapkanlah papan yang berfungsi sebagai alas sehingga memudahkan saat melakukan pemindahan Adenium tersebut. Misalnya saat terjadi turun hujan, sehingga nantinya sambungan tidak bergeser ataupun berubah posisi.

Siapkan Papan untuk Alas Adenium

Siapkan Papan untuk Alas Adenium

Aturlah kedua pohon sedemikian rupa sehingga didapatkan posisi yang tepat. Bisa juga kita tambahkan potongan keramik, potongan kayu, batu bata ataupun dengan benda-benda lainnya untuk mengatur posisi tinggi rendahnya batang yang nantinya akan kita sambung atau cukup kita ganjal saja dengan benda-benda tersebut jika ingin dilakukan di tempat.

Ganjal Dengan Keramik

Ganjal Dengan Keramik

Sebagai calon batang bawah. pilihlah Adenium yang sehat dan subur dengan usia minimal 8 bulan ke atas tanpa siram minimal dua hingga tiga hari untuk mengurangi terjadinya penguapan.

Pemilihan Rootstock Yang Bagus

Pemilihan Rootstock Yang Bagus

Potong calon batang bawah tersebut dan iris selama beberapa kali untuk mengurangi getahnya dan hindari memotong terlalu pendek untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan. Sehingga bisa kita sambung ulang jika hal tersebut terjadi.

Pemotongan Rootstock atau Batang Bawah Adenium

Pemotongan Rootstock atau Batang Bawah Adenium

Sebagai langkah berikutnya yaitu kita siapkan calon batang atasnya dengan syarat tentunya juga harus sehat dan subur tanpa siram dua hingga tiga hari dan usahakan ukurannya sama besar. Kemudian kita iris dari bawah menuju ke atas hanya sebagian atau separuh tanpa putus dengan panjang dan sudut kemiringan disesuaikan.

Pemotongan Entres

Pemotongan Entres

Setelah getah pada kedua calon batang yang akan digabungkan mulai sedikit mengering, langkah selanjutnya yaitu kita iris calon batang bawah dengan panjang dan sudut kemiringan disesuaikan dengan irisan yang kita buat sebelumnya pada calon batang atas dan jangan lupa untuk mengelap pisau yang akan kita gunakan dengan tisu ataupun lap bersih sebelum melakukannya.

Gabungkan kedua batang tersebut dan usahakan irisan benar-benar presisi, lalu ikat menggunakan plastik khusus grafting atau cukup menggunakan tali yang terbuat dari plastik es lilin. Ikat sambungan tersebut tidak terlalu kuat namun masih mampu untuk menahannya agar tidak bergeser atau berubah posisi dari dudukan semula.

Proses Penempelan Entres Ke Rootstock

Proses Penempelan Entres Ke Rootstock

Jika perlu kita ikat kembali pada bagian bawah sambungan agar posisi tersebut benar-benar kuat. Jika diperlukan pada bagian pot ataupun polybag kita ikat kembali dengan tali rafia atau sejenisnya dengan tujuan untuk mencegah sambungan dan kedua pohon tersebut tetap menyatu sehingga tetap pada posisinya saat kita melakukan pemindahan.

Untuk perlakuan pasca grating segera tempatkan Adenium tersebut pada tempat yang panas agar getah dan luka bekas potongan segera mengering dan sebelum luka-luka tersebut benar-benar kering dan sambungan belum menyatu, jika hujan tiba sebaiknya kita teduhkan Adenium tersebut.

Untuk penyiraman pertama kali bisa dilakukan dua hingga tiga hari setelahnya. Hindari air mengenai langsung bekas potong sambungan dan ulangi penyiraman setiap 2 hari sekali.

Hasil Grafting Sambung Susu

Hasil Grafting Sambung Susu

Setelah dua hingga tiga minggu pasca grafting biasanya sambungan sudah menyatu dan jika ada tunas yang tumbuh pada batang bawah sebaiknya dipotong agar nutrisi terfokus untuk pemulihan dan proses penyatuan sehingga lebih cepat dan kuat.

Untuk pemotongan bisa dilakukan sedikit demi sedikit atau secara bertahap dalam beberapa hari. Jika tidak terjadi perubahan artinya batang atas tetap segar bisa dipotong dalam beberapa hari kemudian atau jika kita ingin memotong langsung pastikan bahwa sambungan sudah benar-benar menyatu.

Rootstock dan Entres Sudah Mulai Menyatu

Rootstock dan Entres Sudah Mulai Menyatu

Setelah semua luka bekas potongan mengering dan sambungan menyatu, plastik pengikat bisa kita lepas agar Adenium tersebut tumbuh dengan bebas. Seperti disebutkan di awal untuk kelebihan grating susu pada Adenium antara lain yaitu prosentase keberhasilannya cukup tinggi dibandingkan dengan grafting model lainnya dikarenakan calon entres atas dipotong atau lebih tepatnya dibelah sebagian saja tanpa melakukan pemotongan langsung. Sehingga lebih cepat berbunga bahkan bisa membawa bunga setelah dipotong dan tanpa melakukan sungkup.

Hasil Grafting Susu Adenium

Hasil Grafting Susu Adenium

Sedangkan kekurangan grafting susu pada Adenium yaitu hasil sambungan tidak rapi bahkan terkesan berantakan dan boros entres. Namun dengan banyaknya belajar dan berlatih grafting pada Adenium apapun modelnya sangat mudah untuk dilakukan.

Dan sekali lagi bahwa apapun treatment yang dilakukan pada Adenium untuk tujuan tertentu, kesehatan dan kesuburannya ikut menentukan hasilnya. Oke cukup sekian pembahasan mengenai cara grafting adenium dengan teknik grafting susu pada kali ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan bisa diterapkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Mangga