Di negara tropis seperti Indonesia ini, salah satu buah favorit dan mudah didapat adalah pepaya. Iya, selain rasanya yang manis dan segar, buah pepaya ini juga bisa mencegah penyakit diantaranya adalah kanker. Pepaya mempunyai sifat anti kanker berdasarkan penelitian yang sudah terbukti. Termasuk juga kanker leher rahim, hati, paru-paru dan pankreas. Karena pepaya ini bisa mengurangi efek toxic atau racun dalam tubuh kita. Jadi pepaya ini juga salah satu buah yang cocok untuk kemoterapi karena bisa mengatur T Cell yang berfungsi untuk melawan si kanker nya itu.

Buah dan daun Pepaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, jus buah pepaya juga bisa menghambat bakteri karena mempunyai 50 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin A, B, C yang nantinya bisa menghambat mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Salah satu zat aktif yang terkandung di pepaya itu disebut Karpain.

Pada kesempatan kali ini, TanamanBuah akan kembali memberikan tutorial cara mencangkok pepaya agar hasil panen nanti maksmimal. Yang perlu diperhatikan disini adalah Indukan pohon yang akan dicangkok kita pilih bunga yang lonjong karena permintaan pasar yang palin laku adalah pepaya lonjonng. Setelah itu kita lihat dibawah adakah cabangnya. Kalau tidak ada cabangnya sebaiknya kita potong batang utamanya agar muncul tunas-tunas baru yang membawa cabang. Nah nanti disinilah kita akan mencangkok. Lanjut, kita potong semua dahan-dahan dan daunya untuk memudahkan kita mencangkok. Kita teliti kembali lagi, batang atau cabang yang akan kita cangkok. Kita teliti bunganya apakah lonjong atau tidak sebab nanti apabila sudah menjadi putik dan berbuah akan persis seperti indukannya.

bunga pepaya siap cangkok

Memilih Cikal Putik Pepaya Yang Bagus

Langkah Mencangkok Pepaya

  1. Cek dulu batang pepaya, apakah sudah bercabang ?
  2. Bersihkan sebagian cabang yang akan dicangkok dari daun pepaya agar mempermudah pencangkokkan

    Potong Tunas Pepaya

    Pemotongan Tunas Pepaya Untuk Pencangkokkan

  3. Iris dari bawah ke atas. Sebelum nya pisa kita olesi dulu dengan sebuah bawang merah yang bertujuan untuk merangsang akar agar cepat tumbuh. Kita oleskan di seluruh pisau yang akan kita gunakan untuk mengiris cabang cangkokkan pepaya tersebut.
  4. Usahakan iris pohon pepaya sampai ke tengah dan siapkan botol aqua / air mineral. Botol aqua ini sebelumnya di gunting kita ambil persegi panjang dari bahan plastik aqua tersebut dan dilipat. Detail nya bisa dilihat di gambar.

    plastik aqua

    Potong Persegi Panjang Plastik Aqua Gelas

  5. Lipatan tersebut kita masukkan ke dalam sayatan cangkokkan sepeti gambar ini. Tujuannya adalah supaya kambium pepaya yang berada di pohon tidak kembali lagi menyatu dengan irisannya tadi / terpisah agar keluar akarnya.

    masukkan lipatan plastik ke pohon pepaya

    Lipatan Plastik dari Aqua Gelas dimasukkan ke Irisan Cangkok

  6. Kita siapkan moss (lumut) yang sudah kita rendam. Untuk membungkus moss kita siapkan plastik dengan tebal 0.5 cm. Kita ambil moss nya dari dalam rendaman dan kita masukkan ke dalam plastik.

    moss untuk cangkok

    Moss untuk Mencangkok

  7. Kita siapkan tali timah untuk mengikat cangkokkan pada akhir proses cangkok. Plastik kita lipat dan kita sayat dengan pisau dengan tujuan sebagai tempat batang cangkokkan yang akan kita bungkus.
  8. Tempelkan moss yang sudah dalam plastik tadi ke batang yang sudah disayat kemudian ikat dengan tali agar tidak mudah lepas.
  9. Tutupi cangkokkan tadi dengan polybag warna hitam agar tidak terkena sinar matahari langsung dengan harapan akar-akar akan cepat tumbuh. Ikat lagi atasnya saja, agar nanti pada waktu pengecekkan di lain hari kita bisa buka dari bawah.

    ikat cangkok

    Cara Mengikat Hasil Cangkok

Dari proses pencangkokkan pertama kali ini nanti akan kita panen pada umur 40 harian insya Allah sudah keluar akarnya.

Cara Panen Cangkok Pepaya dan Menanamnya di Polybag

Sesudah 40 hari dan akar dirasa sudah keluar, maka saatnya untuk memanen hasil cangkokkan buah pohon pepaya dan sekaligus menanamnya di polybag. Sebelum proses turun cangkok, kita buka semua plastik polybag dan buang daun serta dahan yang diatasnya. Setelah daun dibuang dahannya sebagian agar mempermudah turun cangkok, lalu kita potong dari cabang utama dengan menggunakan gunting. Akan tetapi kita lihat dulu, apabila cabang terlalu besar kita bisa gunakan gergaji.

Simak juga : Cara memotong cangkokkan yang sudah jadi

Setelah pepaya kita potong lalu kita persiapkan pot atau polybag. Sebelumnya kita siapkan dulu media dengan komposisi sebagai berikut :

  • Tanah yang steril. ( satu porsi )
  • Sekam bakar ( satu porsi )
  • Tambah lagi satu porsi tanah yang steril. ( jadi perbandingannya 2 banding 1 )
  • Dicampur rata.

Setelah tercampur semua baru kita gunakan. Kembali ke cangkokkan pepaya, kita buka plastik cangkokkan, dan agar mempercepat pertumbuhan akar, maka gunakanlah garam inggris atau magnesium sulfat.

Kita siapkan satu liter air, tambah dengan setengah sendok teh magnesium sulfat / garam inggris dengan tujuan pertumbuhan akarnya bisa lebih cepat. Setelah diaduk secara merata, maka cangkokkan siap untuk direndam. Sambil menanti rendaman dari cangkokkan kita siapkan tali rafia untuk mengencangkan cangkokkan agar tidak goyah dari media tanamnya sepeti gambar dibawah ini :

cangkok pepaya polybag

Menanam Hasil cangkokkan ke Polybag

Kita ambil polybag dan diisi dengan media. Taruh media tepat diatas tali rafia yang sudah kita siapkan. Masukkan hasil cangkokkan ke polybag dan tuang lagi media sampai penuh. Kemudian siram dengan campuran air dan garam inggris hasil rendaman tadi sampai ngocor ke bawah agar meresap dan media menjadi padat.

Ikatkan tali rafia tadi dari mulai bawah media sampai ke batang cangkokkan agar tanaman kencang dan tidak goyah. Kemudian kita taruh di tempat yang teduh. Kita siram kembali menggunakan air biasa sampai merembes kebawah.

Nah demikianlah cara untuk mencangkok dan memindah atau menurunkan cangkokkan pepaya, semoga bermanfaat dan tetap semangat bekerja.