Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo sobat pecinta tanaman hias khususnya Adenium dan Bonsai, kita berjumpa lagi di blog www.tanamanbuah.com yang mana akan mengulas berbagai seni tanaman hias, bonsai dan tanaman lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan memperlihatkan budidaya bahan bonsai pada jenis beringin atau Ficus dengan cara cangkok angin yaitu tanpa media tanam. Cangkok angin ini merupakan cara yang paling umum untuk memberikan tampilan seni yang unik pada tanaman dengan cara dibelah pada bagian batangnya.

Selian itu, tujuan utama dari cangkok angin yaitu untuk memperbanyak pohon bonsai khususnya untuk jenis beringin atau Ficus agar kedepannya memiliki bentuk perakaran yang terlihat kokoh, kuat, dan terkesan lebih tua dari umur sebenarnya. Bagaimana prosesnya ? yuk mari kita ulas selengkapnya berikut ini.

  1. Siapkan dulu batang pohon beringin / ficus yang sehat, subur dan kokoh dengan besar disesuaikan dan tumbuh tegak lurus.

    Batang Pohon Beringin Sehat

    Batang Pohon Beringin Sehat

  2. Iris Bagian Kulit Luar dengan Pisau tajam. Kemudian tusuk dan belah menjadi beberapa bagian disesuaikan dengan diameter batang.
  3. Pasang kayu atau bambu runing pada bagian belahan tersebut.
    Pasang Bambu pada Belahan

    Pasang Bambu pada Belahan

    Pasang Bambu pada Belahan Saling Silang

    Pasang Bambu pada Belahan Saling Silang

  4.  Tunggu selama satu minggu agar luka tersebut mengering. Setelah luka tersebut mengering, tinggal kita kerat secara melingkar seperti berikut.

    Kerat Secara Melingkar

    Kerat Secara Melingkar

  5. Bungkus dengan plastik / wrap agar akar yang tumbuh tidak menempel

    Bungkus dengan Plastik

    Bungkus dengan Plastik

  6. Setelah satu bulan kemudian, hasilnya kurang lebih akan tampak seperti ini.

    Hasil Cangkok Angin Pada Beringin

    Hasil Cangkok Angin Pada Beringin

Dan setelah akar tersebut berwarna kecoklatan tinggal kita potong dan selanjutnya bisa kita tanam. Untuk penanaman pohon beringin hasil dari cangkok angin akan ditunjukkan pada postingan selanjutnya.

Untuk tips terakhir, hindari akar terlalu panjang. Sehingga akar yang telah tumbuh tersebut tidak saling melilit satu sama lain. Baik cukup sekian postingan kali ini. Jika anda suka dengan postingan yang disajikan dan bermanfaat jangan lupa untuk klik tombol bookmark untuk menyimpan alamat blog ini ya sobat.

Jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Mangga