Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo para pecinta tanaman hias, bonsai dan tanaman unik lainnya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara budidaya dan memperbanyak tanaman monstera (janda bolong). Tanaman hias yang satu ini sedang naik daun di tahun 2020 dan harganya juga fantastis. Tanaman janda bolong / monstera ini mempunyai karakteristik daunnya yang berlubang-lubang (bolong). Tentu saja bolong nya ini secara alami, bukan dimakan ulat atau sebagainya.

Daun Janda Bolong Monstera

Daun Janda Bolong Monstera

Tanaman janda bolong ini sebenernya dia bisa merambat, karena kalau sudah tumbuh subur dia akan mempunyai sulur. Nah, nanti di setiap daunnya akan tumbuh akar sehingga bisa merambat di media baik itu tembok, tiang penyangga maupun batu bata juga bisa. Sehingga cocok sekali untuk dekorasi taman, kolam maupun di pot tanaman hias yang sudah dikasih tiang penyangga.

Komposisi Media Tanam Janda Bolong

Nah, sebelum kita memperbanyak janda bolong ini di pot, kita bisa memotong menjadi beberapa bagian dari satu sulur ini. Yang paling penting kita persiapkan media tanam dulu. Berikut adalah komposisi media tanamnya :

  1. Pot. Pastikan polih pot yang sudah berlubang di bawah agar aliran alir nanti lancar meresap ke bawah. Karena ada juga pot yang memiliki lubang bawah namun masi tertutup oleh plastik, perlu sedikit modifikasi.

    Pot Tanaman Hias

    Pot Tanaman Hias

  2. Pupuk Organik. Siapkan juga pupuk organik. Bisa juga dibuat menggunakan kohe atau kotoran hewan seperti kambing dan jangan lupa untuk dihaluskan.

    Media Kohe Kambing

    Media Kohe Kambing

  3. Tanah.

    Tanah Untuk Media

    Tanah Untuk Media

Langkah-Langkah Pencampuran Media Tanam

Kita isikan tanah ke dalam pot kurang lebih setengah bagian dari pot.

Isi Pot Dengan Tanah

Isi Pot Dengan Tanah

Kemudian kita campurkan pupuk organik / kohe tadi kira-kira seperempat bagian dari pot. Aduk hingga tercampur rata.

Campurkan Pupuk Organik

Campurkan Pupuk Organik

Langkah selanjutnya, kita potong sulur dari tanaman monstera (janda bolong) dan pastikan akar ikut tertanam.

Potong Sulur Usahakan Ada Akarnya

Potong Sulur Usahakan Ada Akarnya

Setelah tanaman dipotong menjadi beberapa bagian, langkah selanjutnya adalah ditanam di pot yang sudah kita sediakan media nya. Usahakan akar tertimbun media.

Tanam Sulur Yang Ada Akarnya

Tanam Sulur Yang Ada Akarnya

Sebenarnya satu pot untuk satu bagian tanaman janda bolong lebih baik. Akan tetapi kalau pot nya terbatas bisa juga satu pot ditanami dua bagian.

Satu Pot bisa ditanam 2 Sulur

Satu Pot bisa ditanam 2 Sulur

Cara Perawatan Janda Bolong (Monstera)

Untuk cara perawatannya cukup mudah. Yang terpenting media tanamnya itu dijaga agar tetap lembab. Tidak perlu disiram setiap hari. Sehingga setiap hari harus dicek, kalau masih lembab tidak usah disiram lagi agar tidak busuk akar / batang. Sehingga menyiramnya cukup ketika media sudah kering saja.

Untuk kebutuhan sinar matahari, kalaupun tanaman janda bolong ini di tanam di dalam ruangan, dia masih bisa tumbuh. Akan tetapi perlu diperhatikan juga, kebutuhan fotosintetis nya. Setiap dua minggu sekali bisa dipindah di luar ruangan untuk disiram dan usahakan terkena sinar matahari pagi. Nah, selain dua hari itu bisa ditaruh di dalam ruangan.

Tanaman Janda Bolong di dalam Ruangan

Tanaman Janda Bolong di dalam Ruangan

Baik, sekian tips mengenai cara memperbanyak dan budidaya bunga monstera (janda bolong) yang sedang hits di tahun 2020 ini. Akankah kepopuleran ini akan bertahan lama, atau musiman ? Yang pasti tidak ada salahnya kita budidayakan tanaman hias yang satu ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menyemai Biji Kawista