Halo sobat TanamanBuah kali ini saya akan membagikan tips dan cara budidaya jahe merah memakai karung sak bekas. Kita tahu bahwa jahe memiliki beberapa varietas, diantaranya jahe emprit, jahe gajah dan jahe merah. Khusus jahe merah ini memiliki pangsa pasar sendiri baik di tanah air maupun mancanegara. Karena jahe merah mempunyai kandungan minyak atsiri yang tinggi yaitu mencapai 2.58 – 2.72%. Selain itu jahe merah memiliki aroma yang tajam dengan kandungan zat gingerol dan oleorosin nya membuat ekstrak jahe merah ini sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal.

Hasil Budidaya Jahe Merah di Karung

Pembibitan Jahe Merah

Baik, tidak berlama-lama langsung saja hal pertama yang harus disiapkan adalah bibit jahe merah. Untuk mendapatkan bibit jahe merah, kita harus menyemaikannya dulu. Langkah penyemaian jahe merah sebagai berikut:

  1. Siapkan media tanam tanah, cocopeat dan kompos ke dalam polybag.
  2. Siapkan rimpang jahe yang cukup tua. Kita bisa beli di pasar dengan ketentuan jahe tersebut cukup tua yaitu jahe yang berumur diatas 10 bulan. Ciri-cirinya jahe tersebut sudah berwarna gelap dan kusam.

Setelah kita persiapkan bahan tersebut, maka kita bisa langsung tanam rimpang jahe di polybag. Bisa memasukkan satu atau dua rimpang dalam satu polybag. Tergantung dari besar kecilnya rimpang jahe tersebut. Intinya dalam satu polybag ada dua tunas sampai tiga tunas.

Pembibitan Rimpang Jahe Merah di Polybag

Setelah kita melakukan pendederan ini, kemudian kita siram dengan larutan fungisida dan insektisida. Kemudian kita akan tutup dengan menggunakan plastik UV / transparan dan tidak boleh terkena air hujan.

Untuk larutan fungisida, disini saya menggunakan larutan antrakol dengan 2 gram per liter air. Kemudian dicampur dengan Marshal 1cc per liter air. Dan kita juga gunakan vitamin B1 cair merek Start.

Pemidahan Jahe Merah ke Karung Goni / Sak

Setelah pembibitan, kita lanjut ke pemindahan bibit jahe merah dari pot polybag ke karung. Jadi langkah kerja nya sebagai berikut:

  1. Kita siapkan media dan karung bekas tepung.
  2. Kita gulung karung tersebut agar memudahkan kita mengisi media.
  3. Masukkan media tanam ke dalam karung. (tanah media dari cocopeat, kompos dan tanah)

Jadi untuk menanam bibit tersebut kita harus isi dulu karung nya dengan media sekitar 10 cm agar perakaran jahe yang akan kita tanam dapat berkembang ke bawah. Setelah kita masukkan bibit ke media, lalu kita timbun sampai batas leher akar tanaman jahe yang di polybag (usahakan leher akar harus tenggelam dalam media).

Penanaman Jahe Merah di Karung

Kemudian setelah dua minggu dari penanaman, kita wajib memberikan NPK satu sendok makan selama dua minggu. Kemudian dua minggu ke depannya, kita berikan lagi NPK satu sendok makan lagi. Dua minggu kedepannya kita berikan kompos dengan NPK kembali satu sendok makan, dua minggu ke depannya lagi kita berikan tanah media agar tunas jahe nya tertimbun. Setelah dua minggu pemberian tanah, lakukan kembali pemupukan NPK , dua minggu NPK dan kompos dan dua minggu lagi tanah media lagi. Berati setiap dua minggu sekali kita beri NPK selama dua kali, kemudian NPK + kompos satu kali di minggu ke enam, kemudian di minggu ke delapan kita berikan tanah media tanpa kompos dan NPK. Jadi jahe ini kita bisa panen di umur 8 bulan, 10 bulan atau 12 bulan. Tergantung kalau hasil panen ini tujuannya untuk herbal biasanya umur agak tua yaitu 12 bulan karena sari pati nya banyak.

Baca Juga : Cara Menanam Labu Madu

Tanaman jahe ini harus disiram minimal satu kali sehari. Kalau jarang menyiram kantung karung nya cepat lapuk. Usahakan dalam menyiram sampai basah semua termasuk karung nya. Kalau karung nya selalu disiram tidak akan cepat lapuk bisa tahan sampai satu tahun. Makanya kenapa kita pilih karung plastik untuk tanam jahe ini, agar supaya waktu panen kita tinggal belah saja karungnya. Untuk perawatan nya, nanti saya akan bagikan tips nya di artikel selanjutnya.

Untuk itu tetap pantau blog ini, dan semoga bisa memberikan informasi dan inspirasi bagi para penghobi, petani dan masyarakat yang ingin bercocok tanam di pekarangan rumah.