Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana membuat pakan ayam dengan memanfaatkan buah pepaya yang ada di sekitar kita sebagai campuran yang bisa menghemat biaya pembuatan pakan. Buah pepaya disini kita menggunakan pepaya muda yang kita tanam sendiri. Oleh karena itu, biaya untuk buah pepaya ini bisa dikatakan gratis tidak perlu biaya untuk membelinya.

Langkah untuk pembuatan campuran pakan ayam buah pepaya ini sebagai berikut:

Buah pepaya yang kita petik kemudian di cuci sampai bersih dengan tujuan menghilangkan getah dari sisa-sisa pemanenan. Setelah dicuci bersih kita belah pepaya tersebut menjadi beberapa bagian. Kemudian kita buang biji-biji muda yang ada di dalam pepaya tersebut.

Buah Pepaya Sudah Dibersihkan

Buah Pepaya Sudah Dibersihkan

Untuk mengurangi kadar getah pepaya sehabis dibelah, biasanya kita tunggu sampai 12 jam. Akan tetapi anda bisa langsung mengolahnya tanpa harus menghilangkan getahnya. Setelah itu, kita timbang agar nanti bisa disesuaikan dengan campuran dedaknya. Selanjutnya, kita bisa memarut pepaya muda tadi dengan parutan manual sampai selesai.

Pemarutan Buah Pepaya

Pemarutan Buah Pepaya

Untuk menambah nutrisi anda bisa campur dengan top mix dengan takaran satu sendok makan penuh untuk campuran pakan ayam antara 10 hingga 12 kg. Kemudian anda bisa tambahkan konsentrat petelur bisa merek apapun. Saya biasa menggunakan konsentrat 144 sekitar 250 gram saja. Untuk molase, saya tambahkan air setengah liter dan gula pasir satu sendok makan. Tambahkan satu tutup botol EM4 dan aduk hingga larutan merata. Sesudah itu tuang larutan EM4 itu ke dalam bak parutan pepaya.

Campuran Bahan Pakan Ayam

Campuran Bahan Pakan Ayam

Aduk semua sampai merata, setelah tercampur merata siapkan dedak katul, dedak padi sekitar 2,5 kg. Tuang dedak tersebut ke dalam bak, dan siapkan juga bran pollard 2,5 gram ke dalam bak dan aduk hingga merata.

Rincian bahan 12 Kg:
Parutan pepaya 6,25 kg
Konsentrat 144 250 gram
Dedak katul padi 2,5 kg
Bran Pollard 2,5 kg
Air gula em4 + TopMix 500 gram

Total bahan 12 Kg.

Rincian Harga Bahan 12 Kg:
Pepaya gratis
Konsentrat 144 Rp. 2.500
Dedak Katul padi Rp. 8.750
Bran Pollard Rp. 10.000
Air gula EM4 + TopMix Rp. 1.250

Sehingga total biaya 22.500 dibagi 12 Kg = Rp. 1.875 (harga pakan perkilo).

Dengan mengaplikasikan subsidi bahan campuran pembuatan pakan ayam diatas, bisa menghemat pakan sektiar 50 %. Dan jika pakan ayam masih tersisa, anda bisa menyimpannya di wadah/kantong plastik yang tertutup sehingga bisa digunakan lagi besoknya.

Demikian tips bagaimana membuat pakan ayam murah dengan campuran pepaya muda, semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Manfaat Ampas Kopi