Pada postingan kali ini kita akan membahas pembuatan tempat media tanam dengan memanfaatkan batang pisang. Kita akan membagi menjadi 2 pembahasan mulai dari membuat kompos dari batang pisang lalu membuat tempat media tanam dari batang pisang.

Pisang merupakan komoditas pertanian yang banyak sekali digemari karena selain buahnya bisa dimakan langsung, juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari misalnya pisang goreng, roti pisang bahkan sampai bisa di bikin tepung pisang untuk makanan bayi. Ketika kita memanen pisang, kebanyakannya kita memanen sama batang-batangnya, dan setelahnya batangnya langsung dibuang begitu saja. Kalau kita tahu, batang pisang itu ternyata dapat dimanfaatkan sebagai kompos yang bernutrisi tinggi bagi tanaman kita. Bahkan juga dapat dibuat untuk tempat menanam tanaman kita.

Pembuatan Kompos Batang Pisang

Sekarang mari kita bahas satu persatu dimulai dari pembuatan kompos dari batang pisang. Menurut Kusumawati dalam jurnalnya yang berjudul Analisa Karakteristik Pupuk Kompos Berbahan Batang Pisang, ternyata batang pisang menghasilkan komposisi seperti pada tabel berikut ini:

Tabel Kandungan Batang Pohon Pisang

Tabel Kandungan Batang Pohon Pisang

Dalam tabel diatas disebutkan C organik sebesar 29,7%, CN rasio sebesar 17,8 kemudian unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor dan kalium itu sebesar 7,74% kemudian unsur hara mikro yang bervariasi nilainya dengan jumlah yang tidak melebihi dari ambang batas nya. Dan ini yang paling penting yaitu mengandung mikroba penambat nitrogen juga pelarut fosfat.

Dari sini artinya ketika batang pisang itu tidak dibuang tetapi kita manfaatkan salah satunya sebagai bahan utama dalam pembuatan kompos maka sebenarnya unsur hara yang dihasilkan itu sudah cukup tersedia buat tanaman kita.

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kompos batang pisang yaitu:

  1. Batang pisang
  2. Pupuk kandang
  3. EM4
  4. Gula atau molase
  5. Air

Untuk perbandingan bahan antara batang pisang dan juga pupuk kandang maka bisa dengan perbandingan satu banding satu yang artinya satu bagian itu batang pisangnya dan 1 bagian itu adalah pupuk kandangnya.

Cara pembuatan kompos batang pisang yaitu:

  1. Batang pisang harus di haluskan dulu. Bisa dicincang atau pakai mesin agar halus karena prinsipnya semakin halus itu semakin baik dan proses dekomposisi nya jauh lebih bagus.

    Batang Pisang Dicincang

    Batang Pisang Dicincang

  2. Siapkan ember kecil dan isi dengan air, kemudian masukan EM4 secukupnya.

    Larutan EM4 dan Gula

    Larutan EM4 dan Gula

  3. Kemudian masukkan juga gula atau molase. Untuk gula takarannya adalah 200 gram dicampur dengan EM4 sebanyak 100 ml. Jadi perbandingannya 1 EM4 + 2 gula. Satu botol EM4 itu bisa membuat 1 ton kompos. Artinya kalau kita masukkan EM4 nya sebanyak 100 ml, maka kompos yang bisa kita buat yaitu sebanyak 100 kilo.

Proses Penumpukan :

Jika anda punya wadah atau tempat fermentasi, maka bisa dimasukan di sana. Atau kalau tidak punya maka anda bisa siapkan terpal juga tidak masalah.

  1. Cacahan batang pisang itu taruh pada bagian bawah.
  2. Diatasnya cacahan batang pisang tadi ditaruh pupuk kandang.
  3. Siramkan air larutan EM4 yang sudah kita campur dengan gula tadi.
  4. Tumpuk lagi dengan cacahan batang pisang.
  5. Dan tambahkan pupuk kandang lagi diatasnya.
  6. Disiram lagi dengan larutan EM4.
  7. Begitu seterusnya sampa bahan habis..

    Penumpukan Bahan

    Penumpukan Bahan

Kemudian setelah tersusun sempurna baru kita tutup dengan terpal. Biarkan selama 2 bulan agar terfermentasi dengan baik. Dan setiap dua minggu dilakukan pengadukan / pembalikan.

Pembuatan Tempat tumbuh tanaman menggunakan batang pisang.

Batang pisang ini cocok digunakan sebagai media tanam karena mengandung nutrisi dan bahan organik. Walaupun begitu, kita tetap harus menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Bagaimana cara pembuatannya? Yuk kita simak caranya berikut ini.

  1. Siapkan tanah
  2. Kompos
  3. Pupuk kandang

Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 2 tanah, 1 kompos dan 1 pupuk kandang. Untuk memperkaya mikro organismenya bisa ditambahkan pupuk Anfush.

Anfush kita larutkan dalam air secukupnya dan tambahkan gula. Kemudian disiramkan pada ketiga bahan (tanah, kompos, pupuk kandang) yang telah kita campur tadi secara merata. Setelah itu tutup dengan plastik dan fermentasi selama dua minggu.

Nah, media nya sudah jadi, sekarang kita persiapkan tempat media nya dari batang pisang. Siapkan batang pisang sebanyak yang dibutuhkan untuk menampung media yang telah kita buat tadi.

Media Tanam Batang Pisang

Media Tanam Batang Pisang

  1. Kita buat sayatan kotak sepanjang batang pisang dengan kedalaman secukupnya menyesuaikan ukuran diameter batang pisang.
  2. Kita tuangkan media tanam yang sudah kita buat kedalam sayatan batang pisang sampai menutupi permukaan.
  3. Selanjutnya tinggal kita taburkan benih tanaman yang kita inginkan.

Kelebihan Media Tanam Dari Batang Pisang

  • Bisa menjadi cadangan unsur hara tanaman kita.
  • Akar tanaman lebih dingin karena struktur batang pisang lebih dingin.
  • Lebih aman dari penyakit.
  • Air yang ada dalam batang pisang juga mengandung mikroorganisme.

Kekurangan Media Tanam dari Batang Pisang

  • Hanya bisa dipakai dalam kurun waktu singkat.
  • Sulit untuk menjaga kedalaman sayatan batang pisang agar seragam.

Baik sahabat tanamanbuah.com, demikian cara membuat media tanam dengan memanfaatkan gedebok atau batang pisang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Cara ini bisa menjadi alternatif dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit untuk dijadikan kebun sayur. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Media Tanam Organik