Assalamualaikum Wr. Wb. Apa kabar sobat planters ? Semoga sehat selalu. Pada postingan berikut akan kami jelaskan mengenai bagaimana membuat media tanam yang cocok untuk musim penghujan. Kita tahu bahwa bulan November ini merupakan awal musim penghujan, oleh sebab itu kita harus mengantisipasi nya agar tanaman kita bisa beradaptasi.

Salah satu antisipasi yang bisa kita lakukan dengan mudah yaitu dengan mengganti media yang cocok untuk musim penghujan ini. Media tanam khusus musim hujan ini tentunya yang bersifat poros dan tidak menyimpan banyak air akan tetapi unsur hara tetap terjaga di dalamnya. Karena ketika terkena air hujan, media tanam tersebut seringkali tergenang dengan air sehingga suhu yang ada dimedia akan berubah dan berdampak pada pertumbuhan si aglaonema itu sendiri.

Media Aglaonema

Media Aglaonema

Agar aglaonema tetap sehat, akar tetap bagus dan warna tetap cerah maka perlu diperhatikan bebearapa hal yang harus diperhatikan bagi pecinta tanaman hias aglaonema. Salah satunya yaitu media tanam. Fungsi dari media tanam sebenarnya adalah untuk menyuplai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman aglaonema atau lainnya. Selain itu, bisa juga sebagai media pencengkeram akar agar kokoh. Nah, seperti apakah media tanam terbaik agalonema untuk musim penghujan ? Yuk kita simak cara pembuatannya sebagai berikut.

Bahan Media Tanam Aglaonema Khusus Musim Penghujan

Bahan Media Aglaonema

Bahan Media Aglaonema

Untuk bahan-bahannya adalah sebagai berikut, disini kita tidak membutuhkan tanah dan diganti dengan bahan berikut:

  1. Cocopeat (pengganti tanah) cocopeat ini 10 kali lebih kuat menyimpan air dan tidak menimbulkan jamur.
  2. Potongan daun kering dari bambu. Unsur hara dari potongan daun bambu kering ini banyak sekali.
  3. Sekam fermentasi. Tujuan fermentasi agar jamur tidak tumbuh.
  4. Kokam (kotoran kambing kering).
  5. Sekam bakar.

Perbandingan untuk kelima bahan ini bisa menggunakan 1:1:1:1:1. Kemudian kita campurkan semuanya.

Setelah tercampur merata, kita tambahkan insektisida tabur untuk mencegah agar tidak ada insektisida yang mengganggu akar tanaman. Cara ini bisa anda terapkan tidak hanya untuk aglaonema saja, bisa juga untuk monsterra, calladium/keladi dan tanaman hias lainnya.

Penambahan Insektisida

Penambahan Insektisida

Biasanya setelah media tanam jadi, bisa disimpan dulu agar matang istilahnya. Agar semua unsur tercampur merata dan menyatu. Untuk penyimpanan cukup 2-3 hari saja. Bisa disimpan menggunakan bagor atau karung beras, yang penting disimpan ditempat yang tidak terkena matahari langsung.

Baik demikian tips bagaimana cara meracik media tanam khusus di musim hujan agar pertumbuhan tanaman hias maksmimal dan terhindar dari busuk akar. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada tanaman hias anda. Jangan lupa untuk bookmark blog www.tanamanbuah.com dan nantikan update selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Merawat Aglaonema Musim Penghujan