Halo teman-teman pada kali ini saya akan berbagi cara beternak ikan cupang mulai dari tahap penjodohan sampai pemindahan burayak ke kolam pembesaran. Ikan cupang selain sebagai hobi para pecinta ikan, bisa juga dijadikan bisnis. Ternyata sangat mudah lho untuk pemijahannya, intinya adalah tahu teknik dan sabar. Disini saya TanamanBuah akan mencoba mengulas semudah dan sejelas mungkin bagaimana cara pemijahan cupang untuk pemula. Langsung saja caranya sebagai berikut.

Tahap Pemijahan Cupang

  1. Kita taruh pejantan di dalam wadah bisa warna transparan atau gelap. Disini saya menggunakan kotak kue untuk ukurannya satu jengkal tangan dewasa. Sedangkan kedalaman air sekitar 5-10 cm, jangan terlalu penuh karena ikan bisa loncat.

    beternak cupang

    beternak cupang

  2. Selanjutnya kita siapkan toples yang sudah kita potong seperti gambar berikut :pemijahan cupang
  3. Kemudian kita masukkan ke dalam kotak kue seperti berikut. Kemudian kita masukkan betina nya ke dalam toples, sedangkan pejantan di luar toples.
  4. Selanjutnya kita siapkan plastik bening biar nanti kita tahu sudah ada telurnya apa belum. Prosesnya adalah, si penjatan akan mengeluarkan gelembung atau busa ke plastik bening ini. Bila betina sudah bertelur maka telurnya akan ditempelkan ke dalam gelembungnya. Jadi ini teknik ini sangat cocok untuk pemula.

Kita lakukan proses ini selama satu hari, waktu melepasnya juga sore hari. Setelah itu kita akan tutup kotak kue ini menggunakan karton. Dan jangan lupa untuk beri celah udara di tepi nya.

Proses Pemisahan Betina

Setelah satu hari kita bisa lihat di gambar ini, bahwa pejantan telah menyiapkan gelembung.

ternak cupang

Dan untuk betina nya sudah saatnya untuk kita lepas, pelan-pelan saja biar gelembungnya tidak pecah. Dan disini betina nya sudah mengeluarkan sedikit telur tapi tidak dipijah, kita biarkan saja. Bintik putih ini adalah telur yang tidak dipijah.

Tapi disini si betina sudah ada telur di perutnya. O iya, kita melepasnya sebaiknya waktu sore hari sekitar jam 3. Karena cupang ini memijah pada waktu sore hari dan akan dilanjutkan ke-esok pagi nya. Setelah kita lepas betina nya kita akan tutup kembali. Ingat, ketika menutup pinggirnya harus diberi celah untuk ventilasi udara.

Baik setelah melakukan proses pemijahan satu hari satu malam, kita akan lihat apakah bisa menghasilkan telur. Dan kita lihat di sini sudah ada telurnya dan si betina sudah menepi itu tandanya telurnya sudah habis. Dilingkaran merah ini adalah telurnya, kita bisa lihat dari warnanya, kalau busa itu bening, kalau telur itu warnanya putih. Nah, disini kita bisa ambil betina nya secara pelan-pelan agar tidak merusak busa nya.

telur cupang

telur cupang

Lalu kita taruh si betina di obat biru, kalau tidak ada obat biru bisa menggunakan daun ketapang dan garam ikan dengan tujuan luka-luka cepat sembuh dan mencegah infeksi.

Telur-telur ini akan menetas selama satu hari 24 jam. Jadi kita akan biarkan. Selama proses ini kita terus beri pakan rutin 2 kali sehari. Karena kalau kelaparan si pejantan bisa makan telurnya. Kita tutup lagi selama 24 jam.

Sambil menunggu, kita siapkan kolam pembesaran. Caranya kita tuangkan air di wadah, lalu garam ikan kita aduk hingga larut. Disini saya menggunakan kolam styrofoam. Lalu kita masukkan daun ketapang kering di kolam. Kita taruh agak banyak dulu nanti setelah warna nya kuning kita kurangi daun ketapangnya. Dan disini saya menambahkan tanaman air berupa sirih gading. Teman-teman bisa mendapatkannya di toko tanaman hias.

daun ketapang cupang

Baik saatnya kita lihat apakah telur sudah menetas ? Disini kita lihat telur sudah mulai menetas. Disini kita lihat hanya sebagian saja telur yang sudah menetas. Kita tutup kembali agar pejantan tidak terganggu. Kita akan lihat keesokan harinya.

burayak cupang

burayak cupang

Baiklah setelah satu hari kemudian kita akan lihat, sudah banyak yang menetas, dan burayaknya juga banyak. Kita lihat dulu kondisi air nya sangat kotor, sebaiknya kita pindahkan ke kolam pembesaran setelah tiga hari. Burayak umur satu hari belum bisa berenang, jadi peran sipejantan adalah mengambil burayak yang jatuh kedasar untuk diambil dan ditempelkan ke gelembung. Kita akan tutup kembali, dan jangan lupa untuk memberi pakan dua kali sehari.

Setelah tiga hari kemudian, sudah waktunya untuk mengangkat pejantannya. Karena umur tiga hari ini burayak sudah bisa berenang sendiri. Airnya juga sangat kotor nanti bisa berdampak buruk ke burayaknya. Jadi kita harus angkat pejantannya karena perannya sudah tidak amat penting. Disini sudah saat nya kita menaruh burayaknya ke wadah pembesaran. Ingat, kita harus sesuaikan suhu air. Kita taruh wadah burayak ke air pembesaran selama 5 jam biar bener-bener suhunya sama.

Setelah lima jam kemudian kita akan melepas dan mengeluarkan burayak ke kolam pembesaran. Kita tuang burayaknya saja secara pelan-pelan, sisakan kotorannya. Apabila ada kotoran yang ikut masuk ke kolam pembesaran, kita bisa ambil menggunakan sedotan. Oke, setelah sesaat kemudian hasilnya bisa kita lihat di gambar berikut.

budidaya cupang

Semoga tips dan tutorial cara beternak ikan cupang mudah untuk pemula ini bisa dipraktekkan, apabila ada saran dan komentar silakan isi kolom dibawah ya. Maju terus pertanian dan peternakan di Indonesia.