Apakah berkebun organik harus berhubungan dengan cangkul mencangkul ? Tentu saja tidak. Karena dalam dunia berkebun ada salah satu teknik yang disebut dengan No Dig Gardening atau menanam dan berkebun tanpa menggali. Contohnya adalah kita membuat bedengan dan diatas tanah tersebut kita langsung menebarkan kompos. Sebaik nya dalam berkebun tanpa mencangkul tersebut kita harus menambahkan mulsa diatas media. Dalam hal ini kita menggunakan jerami padi.

Berkebun Organik Tanpa Mencangkul

Baca Juga : Cara Membuat Media Tanam Organik

Manfaat Pemberian Mulsa Jerami

Jerami tersebut diletakkan sebagai mulsa diatas kompos. Sehingga permukaan tanah / kompos tertutup semua. Tujuan pemberian mulsa jerami ini ada tiga yaitu:

  1. Mengurangi penguapan. Apalagi di musim kemarau dan matahari terik, ketika kita siram sebentar saja langsung kering lagi karena penguapan tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membuat mulsa organik dari jerami sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai media tanam, sehingga air siraman bisa tertahan.
  2. Menekan Pertumbuhan Gulma / Rumput. Rumput itu adalah tanaman yang mudah tumbuh. Ketika ada tanah, air, matahari maka rumput akan tumbuh. Oleh sebab itu jerami ini digunakan untuk mengcover atau menutupi tanah sehingga biji rumput, akar rumput dorman tidak / tertekan tumbuhnya sehingga bisa mengurangi pertumbuhan gulma. Karena gulma itu merupakan organisme pengganggu tanaman ( OPT ) yang efeknya ke produksi tanaman sangat besar hingga 80 % bisa mengurangi hasil panen. Rumput itu mengambil makanan sama dengan apa yang diambil tanaman kita. Jadi kalau diibaratkan harusnya tanaman kita makan satu piring maka dibagi dengan rumput yang tumbuh disekitar.
  3. Mulsa Organik seperti jerami, daun-daunan kering dan ranting yang lapuk ketika dijadikan sebagai mulsa dan disiram setiap hari, maka lama-lama akan terurai. Karena di dalam mulsa tersebut banyak mikroorganisme dan lama-lama akan menjadi kompos atau humus. Agar hasil maksimal, maka apabila mulsa sudah terurai, kita harus tambahkan lagi jerami baru. Kemudian kita juga tambahkan sedikit kompos untuk pupuk dan MOL yang bertugas bahan organik.

Nah, demikian tadi cara berkebun tanpa mencangkul dengan menggunakan mulsa jerami dan manfaatnya. Dengan sistem ini kita tidak capek asal kita harus tahu syarat nya yaitu penambahan mulsa dan kompos secara rutin sehingga lama-lama akan membentuk bedengan dan media akan tetap gembur. Oleh karena itu kalau kita mulai untuk berkebun secara organik langkah pertama yang dilakukan adalah pembuatan kompos organik. Semoga bermanfaat, dan maju terus pertanian organik Indonesia.