Pada postingan kali ini, kami akan berbagi tips lagi kepada sahabat pecinta tanaman hias, buah dan bonsai serta ragam hayati lainnya tentang bagaimana caranya merangsang tanaman jambu Jamaika agar cepat berbuah. Memang jambu jamaika ini terkenal lambat untuk berbuah. Kunci utama dalam perawatan jambu jamaika agar cepat berbuah yang pertama yaitu Pemupukan rutin. Untuk cara pemupukannya bisa dilihat di postingan yang kemarin :

Cara Pemupukan Jambu Madu

Kemudian kunci yang kedua juga tidak terlepas dari pemangkasan. Karena jambu jamaika ini terkenal dengan tunas air yang sangat lebat. Contoh nya sahabat bisa lihat pada gambar berikut :

Tunas Air Jambu Jamaika

Tunas Air Jambu Jamaika

Kalau kita lihat gambar diatas, tunas air pada jambu jamaika ini cukup lebat dan hampir menutupi seluruh cabang dan batang tanaman. Maka untuk memaksimalkan pertumbuhan bakal buah, kita bisa memangkas tunas air ini dan menyisakan beberapa daun di ujung batang saja. Yang kita butuhkan disini hanyalah tunas produksi yang nantinya akan menjadi tempat bergelantungnya buah. Untuk dahan yang mengarah ke dalam bisa kita potong karena selain estetika, juga agar cahaya matahari maksimal menyinari batang dan daun jambu jamaika ini.

Jambu Jamaika Setelah Pemangkasan

Jambu Jamaika Setelah Pemangkasan

Bunga Jambu Jamaika

Bunga Jambu Jamaika

Pada prinsipnya jambu jamaika ini dia akan berbuah di batang pohon bukan di tunas. Oleh sebab itu, pemangkasan secara rutin setiap satu atau dua bulan sekali menjadi penting untuk memaksimalkan nutrisi yang diserap oleh tanaman ini. Karena kalau tidak dipangkas, maka nutrisi tersebut akan dibagi rata untuk tunas air yang tumbuh, sehingga bakal buah akan lama sekali tumbuh. Dengan pemangkasan juga bisa menambah kekokohan pohon serta merangsang kambiumnya lebih cepat untuk menjadi kambium generatif.

Oke sahabat, kalau anda mempunyai pohon jambu jamaika yang rimbun dan lebat jangan disayang-sayang ya.. Segera pangkas tunas air nya dan tinggalkan tunas produktif nya. Mudah-mudahan dengan begitu jambu jamaika cepat untuk berbuah secara maksimal. Semoga bermanfaat dan tetap maju terus pertanian Indonesia.