Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo Sobat pecinta tanaman hias, pada postingan kali ini kita akan mengulas cara budidaya tanaman Adam Hawa Ungu yah.. Karena jenis tanaman gantung ini sedang digemari di tanah air. Tanaman adam hawa ungu ini bisa didefinisikan sebagai tanaman gantung karena batang nya bisa menjuntai kebawah ketika dia sudah tumbuh besar. Sehingga tanaman ini sangat cantik apabila digantung ketika batang sudah menjuntai kebawah.

Tanaman Adam Hawa Ungu

Tanaman Adam Hawa Ungu

Ciri khas daun Adam Hawa

Tanaman adam hawa ungu ini memiliki ciri khas daun yang berwarna ungu, tekstur daunnya lumayan tebal, juga terdapat duri-duri kecil terutama pada daun yang masih muda.

Jenis-jenis tanaman Adam Hawa

Tanaman adam hawa ungu ini mempunyai beberapa jenis. Ada yang mempunyai warna daun hijau dengan guratan putih, ada yang mempunyai kombinasi atas daun hijau bawahnya ungu dan ada juga yang mempunyai kombinasi warna hijau bercorak kuning dan ungu. Dan yang terakhir adalah tanaman adam hawa full warna ungu baik atas dan bawah daun.

Cara Stek Tanaman Adam Hawa

Untuk berbudidaya tanaman adam hawa ini bisa menggunakan metode stek batang. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan media tanam. Untuk media tanamnya bisa menggunakan campuran tanah, sekam mentah dan pupuk organik.

    Media Tanam

    Media Tanam

  2. Pilih batang yang akan di stek. Sebaiknya pilih batang yang sudah tua agar kemungkinan tumbuh lebih besar.

    Stek Batang Adam Hawa Ungu

    Stek Batang Adam Hawa Ungu

  3. Kita tanam ke media tanam. Kita tancapkan saja batang bagian bawah ke media tanam yang sudah dipersiapkan.

    Tancapkan ke Media

    Tancapkan ke Media

  4. Untuk menghemat tempat, silakan satu pot diisi 2 batang dulu. Nanti kalau sudah tumbuh akar baru dipindahkan ke dalam satu pot untuk satu batang agar penyerapan nutrisinya maksimal.
  5. Setelah ditanam, jangan lupa untuk disiram menggunakan spray.

Agar batang yang sudah di stek tidak busuk, usahakan media tanam jangan terlalu basah. jadi penyiraman harus memperhatikan kondisi media tanam. Kalau media tanam masih terlalu lembab jangan disiram lagi. Akan tetapi kalau dia kering baru mulai disiram secukupnya.

Selain penyiraman, perawatan berikutnya adalah penjemuran. Tanaman adam hawa ini harus sering-sering dijemur untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

Untuk pempupukan, jika pada awal penanaman sudah ditambahkan pupuk organik, kalian bisa melakukan pemupukan ulang setelah 2 minggu penanaman.

Agar lebih maksimal dalam pertumbuhannya, tanaman adam hawa ungu ini bisa diletakkan di partial shade/outdoor di depan halaman rumah agar tidak terkena matahari langsung secara full seharian. Yang terpenting adalah mengatur agar sinar matahari dan air seimbang sehingga tidak mudah busuk.

Sekian tips budidaya dan perawatan tanaman adam hawa ungu, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memantau postingan selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Philodendron