Buah Tin merupakan tanaman asli arab dimana iklim disana cenderung panas, berbeda sekali dengan iklim di kawasan negara tropis seperti di Indonesia. Untuk itu perlakuan khusus harus diperhatikan terutama pada media tanah nya. Tanah di kawasan gurun berbeda sekali dengan kawasan negara tropis dimana media pasir lebih dominan. Seiring berkembangnya teknologi pertanian, maka media yang awalnya dominan pasir ini bisa diganti dengan tanah biasa dengan perlakuak khusus.

Baca Juga : Cara Mencangkok Mangga

Cara membudidayakan buah tin bisa dengan berbagai teknik. Mulai dari cangkok dan stek. Orang arab sana kalau mau menanam buah tin cukup dengan menyetek batang dan langsung ditancapkan. Hal ini lumrah, karena iklim dan media disana sangat cocok apalagi tanaman ini asli dari timur tengah sana. Untuk itu, pada kesempatan kali ini TanamanBuah akan mempraktekkan dan memberikan tutorial bagaimana cara mencangkok buah tin dengan berbagai macam metode seperti tanpa pengeratan dan konvensional.

Cara Mencangkok Pohon Tin Melalui Pengeratan

Pengeratan Batang Buah Tin

Pertama, cangkokkan kita ambil satu ruas batang pohon Tin. Untuk batang yang tua, kita harus kerat dulu dan dibersihkan kambiumnya. Untuk media bisa menggunakan cocopeat yang sudah diolah menjadi tanah dan dicampur dengan penumbuh akar. Biasanya media ini bisa diperoleh di toko bunga atau online shop dengan mudah. Kemudian media kita tampelkan diatas keratan dan diikat menggunakan tali rafia. Ikatan ini harus kencang soalnya media ini kalau diterpa angin akan bergerak, sehingga untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan pengikatan yang kencang. Biasanya dua ikatan atas dan bawah sudah cukup untuk menahan media agar tidak bergeser dari tempat asalnya.

Pengikatan Media Cangkok

Tips untuk mencangkok batang Tin sebaiknya dipilih pohon tin berbatang tua karena mempunyai gen yang gampang mengeluarkan buah. Jadi untuk pembuahannya nanti bisa cepat. Kalau untuk skala produksi semua umur bisa tetapi hanya beda perlakuan saja. Tetapi kalau untuk penghobi, maka pilihlah batang Tin yang sudah tua. Bagaimana kalau untuk Stek ? Stek buah tin memang sangat efisien dan mudah, tetapi resikonya kalau di negara tropis itu terserang jamur dan kekeringan. Beda dengan cangkok, karena nutrisi didapat langsung dari media yang dicangkokkan sehingga kegagalan bisa diminimalisir.

Cara Mencangkok Pohon Tin Tanpa Pengeratan

Untuk mencangkok tanpa pengeratan, kita memerlukan alat-alat sebagai berikut :

  • Gunting
  • Gelas Aqua atau air mineral
  • Media
  • Isolasi

Langkah pertama, belah gelas dan dikasih lubang di bawah gelas. Kemudian masukkan gelas tadi pada batang Tin yang akan dicangkok tanpa pengeratan. Setelah itu kita ikat dengan isolasi. Usahakan belahan di gelas tadi rapat kalau mau mengisolasi. Sesudah itu masukkan media tanah ke dalam gelas mineral sampai penuh. Bisa dikasih penyangga dengan pecahan bata agar batang yang dicangkok tepat berada di tengah media. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut.

Cangkok Buah Tin Tanpa Pengeratan

Keunggulan cangkok model tanpa pengeratan, yaitu buah yang ada dalam pohon Tin tetap bisa tua dan berkembang dengan baik tanpa terganggu dengan luka cangkokkan. Buah-buahnya tetap akan matang dengan sendirinya. Sesudah dua sampai tiga minggu biasanya akar sudah mulai tumbuh, dan saatnya untuk membuka gelas mineralnya.

Buah Tin Hasil Cangkokan di Polybag

Setelah itu kita bisa pindah ke polybag yang berisi kompos dan kotoran sapi dicampur dengan sekam bakar. Kita siram dengan air kalau bisa air kolam. Keunggulan dari model cangkok tanpa pengeratan lainnya adalah kita tidak perlu mengurangi daunnya. Tanaman tin sangat mudah untuk dikembang biakkan. Orang mesir biasa untuk menyetek Tin seukuran lengan orang dewasa dan panjang nya satu setengah meter. Batang Tin sangat tahan terhadap panas seperti batang ketela pohon jadi sangat mudah untuk ditanam.

Jenis-Jenis Buah Tin

Ada beberapa jenis buah tin yang bisa anda cangkok sendiri di pekarangan rumah seperti jenis Green Jordan, Flander, Khurtmani/Red Palestine, Tena, Brown Turkey, Conadria, Negrone, Black Madeira, Panache, Martin Rimada dan masih banyak lagi. Hal penting lainnya yang harus diketahui teknik cangkok model tanpa pengeratan adalah jangan sampai turun cangkok sebelum akarnya belum berwarna coklat. Jika akar berwarna putih, artinya akar belum siap menutrisi buah dan daun.

Baik sampai sini dulu cara mencangkok buah tin dengan mudah, semoga menjadi inspirasi untuk tetap berkebun walaupun pekarangan sempit karena bisa menggunakan metode tabulampot.