Halo sobat pecinta tanaman hias, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai isu yang beredar di social media mengenai tanaman hias zz plant (pohon dollar) yang mempunyai kandungan zat beracun. Benarkah demikian? yuk kita ulas lebih mendalam.

Tanaman hias ZZ Plant atau Zamioculcas Zamiifolia ini juga biasa disebut dengan pohon dollar. Kenapa disebut dengan pohon dolar? Karena bentuk daunya yang berderet selembar-selembar mirip dengan uang dolar.

Pohon Dolar

Pohon Dolar

Tanaman hias ini memang bukan asli dari Indonesia melainkan berasal dari Afrika. Batang dan daunnya yang unik menjadikan tanaman hias ini banyak diminati oleh para kolektor tanaman hias. Daunnya yang berwarna hijau tua tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil dan mengkilat. Tanaman hias ZZ plant ini cocok untuk ditaruh di dalam ruangan karena sejatinya termasuk kategori tanaman hias indoor.

ZZ Plant

ZZ Plant

Akan tetapi walaupun termasuk tanaman indoor, tanaman ini akan lebih sehat jika sesekali dijemur di luar ruangan saat pagi hari kira-kira 1-2 jam saja. Untuk medianya bisa memakai media poros seperti kombinasi tanah, sekam mentah dan pupuk kotoran hewan.

Perawatan Tanaman Hias ZZ Plant (Pohon Dollar)

1. Untuk perawatannya juga sangat mudah, penyiraman bisa dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. Selain itu, untuk menjaga kebersihan daun agar tetap mengkilap, kita harus lap pakai tissue atau kapas basah. Karena kalau daunya ini mengkilap akan terlihat lebih bersih.

Daun Pohon Dolar Mengkilap

Daun Pohon Dolar Mengkilap

Perlu kalian ketahui bahwa pertumbuhan tanaman hias ZZ plant atau Pohon Dollar ini memang lambat. Jadi untuk memunculkan satu tangkai daun baru membutuhkan kurang lebih 2-3 bulan. Jadi dalam kurun waktu satu tahun mungkin tanaman ZZ plant ini baru memunculkan beberapa tangkai daun, belum bisa rimbun banyak karena memang lama pertumbuhannya.

2. Perawatan selanjutnya adalah perlunya dilakkukan pemupukan secara berkala. Walaupun pada saat awal penanaman sudah dikasih campuran pupuk kotoran hewan pada media tanam, akan tetapi seiring berjalannya waktu nutrisi dari pupuk tersebut sudah diserap oleh tanaman sehingga harus sering dilakukan pemupukan ulang. Pemupukan ulang bisa memakai pupuk organik cair atau bisa juga pakai pupuk kotoran hewan lagi yang ditambahkan di media tanaman.

Pemupukan Pohon Dolar

Pemupukan Pohon Dolar

Isu (Hoax) Mengenai Tanaman Hias ZZ PLant (Pohon Dollar)

Pada tahun 2016 pernah viral kalau tanaman hias ZZ Plant ini adalah penyebab kanker darah (Leukemia). Kira-kira benar gak sih kalau tanaman hias ini berbahaya? Disini saya mencoba mengumpulkan berbagai sumber untuk mengulas tanaman tersebut.

Dilansir dari news.detik.com, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Mudiana mengatakan bahwa tanaman ini termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas Zamiifolia. Umumnya keluarga talas-talasan mengandung senyawa Oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa Oksalat tersebut bukanlah senyawa karsinogenik (penyebab kanker).

Sumber Detik News

Sumber Detik News

Nah, jadi tanaman hias ZZ plant ini bukanlah penyebab penyakit Leukemia. Disini kita berfikir logis saja, memang kalau dari keluarga talas-talasan (bukan hanya ZZ plant saja) kalau daun atau batangnya kemakan bisa menyebabkan gatal-gatal pada area mulut. Jadi alangkah baiknya jika setelah melakukan kontak dengan tanaman hias ZZ Plant ini alangkah baiknya kita harus mencuci tangan menggunakan sabun.

Demikianlah sekilas informasi tentang tanaman hias ZZ plant (pohon dollar) berikut perawatannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tanaman Hias Pemula