Pada postingan kali ini kita akan membahas apa itu ayam DOC dan bagaimana cara merawat anak ayam yang baru dibeli bagi para pemula. Hal ini penting karena ketika kita pertama kali ingin terjun di dunia ternak ayam atau unggas lainnya, maka salah satu skill yang dibutuhkan adalah merawat DOC anak ayam.

Kita bisa belajar membesarkan dari DOC anak ayam hingga menjadi ayam dewasa. Dari skala kecil-kecilan dulu dan ketika merasa punya pengalaman bisa anda lanjutkan ke ternak yang lebih besar lagi apabila anda yakin serta didukung modal.

Pengertian Ayam DOC

Sebelum kita mulai membahas mengenai cara perawatan anak ayam DOC, alangkah baiknya kita mengetahui arti dari kata DOC itu sendiri. DOC adalah anak ayam petelur yang berumur 1 hari hingga maksimal 14 hari yang biasanya dijadikan bibit untuk ternak ayam. DOC adalah singkatan dari Day Old Chicken yang berarti anak ayam yang baru menetas kisaran umur satu hingga empat belas hari.

Ayam DOC

Ayam DOC

Cara Merawat DOC Pemula

Anda bisa memulai dengan membeli DOC ataupun anak-anak ayam di pasar-pasar hewan atau pedagang anak ayam yang suka mangkal di pinggir jalan. Jenis-jenis ayam sangat beragam, silakan pilih yang anda cocok. Untuk beternak ayam anda bisa membeli anak ayam yang sudah agak besar yang ditumbuhi bulu yang hampir lengkap, atau bisa juga dengan membeli anak ayam yang masih kecil / DOC (Day Old Chicken).

Silakan membeli anak ayam umur 1-3 hari / DOC dengan jumlah semampu anda untuk diternak. Khusus bagi pemula, sebagai tahap percobaan awal usahakan jangan banyak dulu beli DOC nya. Sesampainya di rumah yang kita bisa siapkan adalah :

  1. Kandang. Tentunya kandang sudah anda siapkan dan berikan alas kertas apabila dasar kandang terbuat dari kawat dan berlubang.

    Kandang Anak Ayam

    Kandang Anak Ayam

  2. Pastikan juga lampu penghangat sudah siap. Gunakan bohlam dengan ukuran watt yang disesuaikan dengan kondisi suhu di daerah anda. Kalau daerahnya masuk kategori panas, maka 10 watt atau 25 watt mungkin sudah cukup. Tapi kalau daerah Anda dingin, maka ganti dengan bohlam yang watt-nya lebih tinggi. Untuk jarak lampu penghangat sekitar 20 hingga 30 cm sudah cukup.

    Lampu Kandang Ayam

    Lampu Kandang Ayam

  3. Siapkan minum sebelum DOC masuk kandang. Kalau sekiranya jarak pembelian DOC cukup jauh maka anda bisa tambahkan gula putih satu sendok dan air satu gelas untuk anak ayam 1 hingga 50 ekor. Bisa juga anda berikan langsung air dengan vitachick tanpa air gula. Letakkan tempat minumnya kira-kira di tengah tanpa makanan.

    Tempat Air Minum Ayam

    Tempat Air Minum Ayam

  4. Masukkan anak ayam secara bertahap dan hati-hati, sambil dihitung jumlahnya sebagai pengecekan ulang saja. Setelah DOC sudah masuk kandang semua maka biarkan mereka minum tanpa makanan kurang lebih 30 menit.

    Anak Ayam Masuk Kandang

    Anak Ayam Masuk Kandang

  5. Siapkan makanan anak ayam. Karena sebagai peternak pemula yang umumnya masih belajar, anda gunakan saja pakan jadi yaitu pakan starter, contohnya bisa BR 1 atau 511 yang bisa anda beli di toko pakan ayam.
    Pakan Starter Ayam

    Pakan Starter Ayam

    Berikan pakan starter ini hingga anak ayam usia 1 bulan atau 1 setengah bulan. Terkadang saking hausnya, anak-anak ayam ini minum dengan terburu-buru hingga tumpah dan membuat alas kertas basah. Biarkan saja untuk sementara, setelah terlihat semua sudah minum maka posisi minuman bisa digeser ke tempat yang tidak ada alat kertasnya. Sehingga air minum tidak akan tumpah ke alas kandang dan tidak membasahi alas kertas. Kemudian kertas yang basah bisa diganti yang kering agar anak ayam nyaman tidak kedinginan.

Hingga usia 2 minggu takaran pakan sebaiknya dicek. Ketika habis, segera diisi lagi. Air minum pun habis ataupun tidak ketika sudah lewat 24 jam sebaiknya ganti dengan air yang baru. Lebih bagus lagi setiap 12 jam air minum diganti yang baru. Anda perhatikan ketika anak-anak ayam ini tidak berisik (tidak bunyi ciap-ciap) dan lincah bergerak, makan dan minum secara normal, maka anak ayam dalam kondisi sehat. Artinya suasana kandang sudah nyaman bagi anak ayam.

Terkadang bisa jadi ada anak ayam yang masih ciap-ciap di hari pertama. Ini wajar, karena terkadang ada saja anak ayam yang secara naluri mencari induknya atau anak ayam tersebut kaget dengan suasana yang baru dan berbeda. Tapi setelah 24 jam biasanya anak-anak ayam yang seperti ini sudah biasa kembali. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Perhatikan juga tentang lampu penghangat dan posisi tidur anak ayam. Apabila posisi anak ayam berdiri dan berdesak-desakan maka pertanda watt lampu kandang terlalu rendah. Anak ayam kedinginan tidak nyaman sehingga berebut dibawa lampu penghangat. Kalau dibiarkan lama-lama anak ayam ada yang cidera ataupun menjadi sakit. Karena fungsi dari lampu ini sebenarnya sebagai pengganti induk ayam yang memberikan suhu hangat ketika anak-anak ayam kedinginan.

Kalau kejadian seperti diatas, segera ganti lampu penghangat dengan ukuran watt yang lebih tinggi agar menghasilkan suhu yang lebih hangat lagi yang dibutuhkan anak ayam. Ketika lampu sudah diganti dengan yang lebih panas maka terlihat perubahan perilaku anak ayam yang tadinya panik berdesak-desakan maka secara perlahan mereka mulai tenang. Artinya panas dari lampu sudah cukup. Anak ayam ini pun lama-lama akan tidur dari posisi berdiri hingga menunduk hingga akhirnya seperti bayi yang tengkurap.

Anak Ayam Tidur Nyaman

Anak Ayam Tidur Nyaman

Kalau anak ayam sudah bisa tidur dengan posisi tengkurap, maka suhu dari sumber panas sudah ideal. Kalau terlalu panas maka terlihat anak-anak ayam ini pun akan menjauh dari sumber lampu. Kalau lampu terlalu panas maka anak ayam akan ke pinggir mencari suhu hangat yang ideal. Kalau terlalu panas anda bisa membuka sebagian tutup kandang agar membantu sirkulasi dan mengeluarkan sebagian suhu panas agar anak ayam ini tidak stress kepanasan sehingga tidak dehidrasi.

Setelah cukup tidur biasanya anak-anak ayam ini akan mencari makan dan minum, kemudian dia kembali tidur lagi. Suhu ideal anak ayam berkisar antara 36 hingga 40 derajat Celcius, sementara suhu sekitar yang masih bisa ditolerir anak ayam antara 28 hingga 35 derajat Celcius. Siang hari, antara jam 8 pagi hingga jam 3 sore apabila cuaca sedang terang maka biarkan anak ayam ini berjemur mendapatkan sinar matahari. Hal ini baik untuk kesehatan anak ayam. Untuk itu perlunya kandang umbaran yang khusus disediakan. Adanya kandang umbaran yang nyaman, terlindungi dari predator, matahari bisa masuk sama fungsinya dengan adanya induk ayam yang menjaga anak-anak ayam ini.

Kandang Umbaran Anak Ayam

Kandang Umbaran Anak Ayam

Anak-anak ayam secara naluri bisa bebas bergerak dan bermain. Kalau lapar dan haus tetap tersedia makanan dan minuman. Kalau cuaca di luar panas, maka bisa anda matikan lampu penghangat agar irit listrik. Kalau cuaca mendung sebaiknya lampu penghangat tetap dinyalakan karena fungsi brooding box ini sebagai pengganti induk. Sehingga ketika kedinginan anak-anak ayam ini pun bisa mendapatkan suhu yang hangat sama seperti ketika bersama induknya.

Ketika malam tiba tidak usah khawatir, karena anak-anak ayam ini secara otomatis akan masuk kandang dengan sendirinya. Anak-anak ayam ini akan lebih memilih tempat yang terang dan hangat dan secara naluri juga anak-anak ayam ini pun akan mencari rombongannya. Kalau anda ingin berikan sekedar penutup juga silakan, sehingga kalau siang anda bisa buka penutupnya. Ketika mengganti air minum anda bisa tambahkan vitachick yang berguna untuk memenuhi segala kebutuhan vitamin yang dibutuhkan bagi anak-anak ayam ini. Pemberian vitachick bisa seterusnya hingga usia 1 bulan atau 2 bulan.

Untuk alas kertas, ketika terlihat kotor bisa anda lapis dengan kertas yang baru. Atau bisa anda bersihkan tiga hari sekali. Dan alas kertas ini sudah bisa dihilangkan di hari ke-10. Dengan metode perawatan anak ayam seperti ini, walaupun Anda masih pemula sekalipun semoga anak ayam anda tetap terjaga sehat hingga tumbuh dewasa. Kalau ingin divaksin anda bisa gunakan pola 4 4 4 1 yaitu vaksin di usia 4 hari, usia 4 minggu, usia 4 bulan dan usia 1 tahun.

Semoga anda lancar dan sukses dalam beternak. Semoga info yang kami berikan bermanfaat buat anda.

Baca Juga : Cara Buat Pupuk dari Kotoran Ayam