Assalamualaikum Wr. Wb. Salam planter Indonesia, pada postingan kali ini kita kan membicarakan 8 hal penting berkaitan dengan pupuk boron. Berbicara tentang unsur hara mikro, maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya pupuk boron untuk tanaman kelapa sawit. Maka untuk memahami lebih lanjut berkaitan dengan boron, berikut adalah 8 hal penting yang berkaitan dengan boron ataupun borax ataupun pupuk borat untuk tanaman kelapa sawit.

Pupuk Boron

Pupuk Boron

  1. Boron di dalam tanah tersedia dalam bentuk asam Borat yaitu adalah H2BO3. Jumlah asam borat yang dibutuhkan tanaman kelapa sawit sangatlah kecil. Di dalam tanah sendiri bahwa kandungan boron itu hanya 7 sampai 80 PPM saja, biasanya bentuknya dalam ion adalah B(OH)4- yang berada di dalam tanah.
  2. Boron sendiri tersedia di dalam tanah hanya 5% dari total semua boron yang ada di dalam tanah. Artinya memang sangatlah kecil kondisi yang ada di dalam tanah itu sendiri apalagi kondisinya ditopang dengan kondisi yang semakin dalam tanah. Maka kandungan boron akan semakin rendah. Hal ini seharusnya menjadi perhatian bagi para petani ketika menanam pada daerah-daerah terasan ataupun bibitan yang menggunakan tanah terlalu dalam akan menyebabkan kekurangan boron pada tanaman di bibitan. Apalagi bibitan yang sudah mulai dewasa.
  3. Fungsi boron sendiri adalah untuk metabolisme asam nukleat, karbohidrat kemudian fenol, protein dan Auksin untuk tanaman kelapa sawit itu sendiri. Fungsi Boron lainnya adalah untuk pembelahan dan perpanjangan sel, serta metabolisme selnya.
  4. Kekurangan boron akan menyebabkan gagal kesempurnaan dalam pembentukan daun ataupun anak daun atau helaian ataupun lamina pada tanaman kelapa sawit. Akibatnya bentuknya bisa memendek yang semakin tebal ataupun ujung laminanya saling menyatu. Hal inilah yang mengindikasikan gejala dari kekurangan borat atau boron itu sendiri.
  5. Pupuk yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan boron sendiri pada tanaman kelapa sawit adalah menggunakan HGFB atau High Grade Fertilizer Boron di mana borat ini warnanya biasanya putih kemudian ada sedikit butiran-butiran merahnya. Dan pupuk boran ini termasuk pupuk yang agak lumayan mahal.
    Tekstur Pupuk Boron

    Tekstur Pupuk Boron

     

  6. Ternyata di dalam tanah sendiri bahwa boron harus dijauhkan ketika kita menggunakan pupuk gabungan yang berbahan amonium. Misal nya amonium nitrat ataupun amonium yang lain.

    Ketika pupuk yang mengandung amonium kemudian didekatkan dengan pupuk yang ada kandungan boron maka kondisinya akan menjadi alkalis atau ph nya akan naik. Sehingga ketika ph nya akan naik, maka yang kalah bukan boron nya, melainkan amonium nya. Maka harus dijauhkan dari pemberian pupuk yang mengandung amonium.

  7. Dosis pemupukan dari boron itu sendiri relatif sangat sedikit. Beberapa Balai Penelitian mengeluarkan rekomendasi dosis boron sekitar 50 sampai 100 gram saja. Dimana pemberiannya rata-rata sekali saja selama setahun karena kebutuhan born sendiri relatif sangat rendah untuk kelapa sawit.
  8. Yang terakhir adalah cara pemberiannya. Ada tiga cara pemberian boron untuk kelapa sawit yaitu:
    1. Disemprot. Biasanya pupuk boron dilarutkan dulu / diencerkan kemudian disemprotkan di kelapa sawit.
    2. Disebar. Pupuk boron biasanya disebar di piringan. Misal nya 50 – 100 gram diambil kemudian ditebar di piringan.
    3. Disebar di pangkal pelepah. Ternyata ketika tanaman masih kecil dan masih terjangkau, maka lebih cenderung disebar di pangkal pelepah. Karena boron sendiri bisa terserap di pangkal secara efektif yang berguna untuk membantu perpanjangan sel. Sehingga ketika masih bisa dijangkau oleh tanaman kelapa sawit sendiri, maka disebar di pangkal pelepahnya. Kecuali kalau tanaman kelapa sawit sudah tua dan tidak bisa dijangkau maka cukup disebar di piringan.

Mungkin itu saja yang bisa kita ulas mengenai 8 hal pokok mengenai pupuk boron / borat di tanaman kelapa sawit. Intinya, bagaimana kita bisa memberikan kebutuhan tanaman kelapa sawit walaupun itu hanya mikro saja, maka itu adalah hal yang paling penting. Semoga bermanfaat dan mari kita bangun kelapa sawit menjadi tanaman yang bisa memberikan kesejahteraan bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Pemupukan KCL Kelapa Sawit