Assalamualaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya hari ini sobat? Semoga sehat selalu. Pada postingan kali ini, kita akan mengulas permasalahan yang sering kali dijumpai ketika menanam bougenville yaitu bunga yang tidak kunjung rimbun. Ada banyak sekali inbox yang masuk ke redaksi kami menanyakan tentang bunga bougenville yang sudah rutin dipupuk akan tetapi tidak optimal dalam pembungaannya. Apakah faktor yang menyebabkan bougenville tidak berbunga ? Yuk kita ulas bersama-sama berikut ini.

Tentunya hal yang menyebabkan bougenville tidak berbunga maksimal ada alasannya, berikut 6 alasan yang sering kali timbul bagi para penghobi bunga kamboja.

  1. Takaran pupuk tidak tepat. Jadi ketika kita akan memupuk bougenville, kita harus melihat tanaman tersebut apakah rimbun atau tidak. Untuk takaran umum, bisa menggunakan perbandingan 2 sendok makan dicampur dua liter air. Kalau dalam pencampurannya kebanyakan air, maka hasilnya tanaman bougenville tersebut hanya rimbun di daun dan tunas saja. Begitu pula sebaliknya, kalau dalam pencampurannya kurang air maka akan rusak daunnya. Jadi takaran tersebut harus pas.
    Takaran Pupuk Bougenville

    Takaran Pupuk Bougenville

    Untuk pupuknya sendiri bisa menggunakan NPK mutiara yang 16 16 16. Jika kandungan N nya terlalu tinggi, maka yang keluar kebanyakan ranting. Maka komposisi harus pas. Untuk merek nya sendiri terserah. Yang terpenting komposisi harus seimbang, misal 16 16 16 atau bisa juga 15 15 15. Sehingga bisa menghasilkna bunga yang maksimal pada bougenville.

  2. Kondisi cuaca. Ketika kita melakukan pemupukan kemudian turun hujan, maka jangan berharap bougenville akan berbunga lebat. Malahan yang keluar adalah tunas yang memanjang dan sedikit bunga. Sehingga pada waktu musim penghujan, sebaiknya kita fokus merimbunkan tunas-tunas dahulu. Sehingga nantinya diharapkan muncul tunas-tunas baru yang akan menjadi ranting.
  3. Penyiraman. Ketika kita sehabis memupuk bougenville, sebaiknya jangan dilakukan penyiraman selama 2×24 jam. Kalau kita nekat melakkukan penyiraman, maka kondisinya seperti poin no.2 tadi. Yang tumbuh bukan bunga tapi tunas baru karena kandungan pupuk akan terbawa oleh air.
  4. Cabang yang masih muda. Alasan kenapa bougenville tidak mau berbunga lebat adalah faktor cabang yang masih muda. Seperti gambar berikut ini.
    Bougenville masih muda

    Bougenville masih muda

    Jika tunas nya masih muda seperti gambar diatas, walaupun kita pupuk satu kilo tetap saja tidak bisa berbunga. Jika dipaksa pemupukan maka yang ada adalah tunas tersebut akan menjulur panjang keatas sesuai dengan kadar pupuk yang kita berikan. Jadi pastikan dulu sebelum pemupukan yaitu cabang nya tua, daunnya tua dan pastikan juga ada tanda-tanda bakat untuk berbunga seperti gambar berikut ini.

    Calon Bunga Bougenville

    Calon Bunga Bougenville

    Nah, jadi kalau masih muda maka kita fokus untuk perawatan saja supaya tanamannya sehat dan tumbuh subur.

  5. Pruning / pemangkasan daun. Jika kita melakukan pruning atau pemangkasan daun, kemudian dipupuk maka yang terjadi adalah tumbuhnya tunas baru. Bougenville tidak akan keluar bunga jika kita sehabis melakukan pruning daun.
  6. Akar tembus ke tanah. Hal lain yang mempengaruhi tidak rimbunnya bunga bougenville adalah ketika kita menanam di pot tetapi akar tersebut menjulur ke tanah. Jika akar sudah menancap di tanah, maka jangan berharap untuk berbunga lebat. Nah, untuk mengakali supaya akar tidak tembus ke tanah, maka bisa dikasih tatakan atau alas di bawah pot menggunakan batu bata atau semacamnya seperti gambar berikut.

    Alas Pot agar akar tidak tembus ke tanah

    Alas Pot agar akar tidak tembus ke tanah

Demikian 6 hal yang mempengaruhi tanaman bougenville dalam pembentukan bunga sewaktu dipupuk. Semoga bermanfaat, dan terus berkarya. Wassalamu’alaikm Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Merawat Bougenville