Halo sobat pecinta tanaman buah, bonsai dan tanaman hias lainnya, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab bunga kertas atau bougenville yang tidak kunjung berbunga. Ada lima sebab bougenville itu daun nya saja yang banyak tetapi bunganya tidak ada. Mengapa demikian ? Karena kalau kita uraikan ada 5 penyebab utama bagi para penghoby bougenville yang mana menjadikan tanaman itu hanya daunnya saja yang lebat. Yuk kita ulas lima penyebab tersebut :

  1. Meletakkan Tanaman Bougenville di Tempat Yang Teduh.

    Kalau bougenville diletakkan di tempat yang teduh, sudah dipastikan daunnya saja yang lebat. Bunga nya hanya beberapa saja di pucuk, lainnya hanya daun saja yang rimbun. Jangan sekali-kali meletakkan bougenville di tempat yang teduh ya sobat.

    Bougenville Lebat Daun

    Bougenville Lebat Daun

  2. Tanah / Media Yang Sudah Mati

    Tanah adalah media yang penting untuk tumbuh. Kalau unsur hara didalam tanah tersebut sudah terserap dan habis, maka tanaman akan kekurangan nutrisi, sehingga tidak bisa melakukan pembuahan. Pertumbuah tanaman juga tidak bisa maksimal. Jika tanah nya mati tentunya harus diganti dengan media yang baru. Kita bisa jadwalkan setahun sekali untuk ganti media. Karena kalau tidak diganti, maka kandungan unsur kalium, fosfat tidak ada lagi didalamnya. Efek yang timbul jika media tidak diganti maka bunga akan muncul tetapi tidak sesuai dengan harapan kita / sedikit.

    Media Tanah Sudah Mati

    Media Tanah Sudah Mati

  3. Habis Pemangkasan / Pruning

    Kalau kita baru saja pruning bougenville, maka tanaman tersebut akan muncul daun-daun muda yang lebat tetapi bunga nya tidak ada. Dan memang kalau kita mau memprogramkan pruning, maka jangan berharap dulu bunga itu cepat muncul, karena prosesnya demikian. Biar dulu tunas-tunas tersebut bermunculan, sehingga nanti lama-kelamaan ranting dan dahannya rimbun. Barulah kita melakukan program pembungaan. Kalau proses tersebut dilalui dengan benar, maka kita akan mendapatkan bunga yang lebat di tanaman bougenville ini.

    Daun Muda Tumbuh Sehabis Pruning

    Daun Muda Tumbuh Sehabis Pruning

  4. Salah Memilih Pupuk

    Penyebab nomor 4 inilah yang paling penting yaitu salah dalam memilih pupuk baja. Ketika pupuk yang kita taburkan / siramkan itu salah kandungannya, maka tanaman bougenville ini yang keluar adalah daun yang rimbun. Untuk itu kita sarankan untuk menggunakan pupuk NPK karena sudah komplit dan harganya terjangkau. Sehingga kandungan Posfat itulah yang berfungsi untuk menghantarkan putik bunga. Kalau kita beri dengan pupuk Urea misalnya, itu hanya untuk menyuburkan daun dan tunas-tunas baru saja. Begitu juga dengan pupuk KCL, itu untuk pembentukan akar supaya bisa menahan ranting dan cabang tapi tidak mengeluarkan bunga.

    Pupuk Khusus Untuk Bougenville

    Pupuk Khusus Untuk Bougenville

  5. Salah Dalam Teknik Pemupukan

    Penyebab ke lima ini juga kita harus paham betul, yaitu mengenai teknik pemupukan. Pupuk nya tepat tetapi salah dalam teknik pemupukan. Misal, musim hujan dipupuk itu sudah pasti tidak bisa berbunga. Karena kalau kita melakukan pengkocoran pada musim penghujan, dikhawatirkan setelah pemupukan tersebut akan turun hujan. Sehingga pupuk hanyut dan tidak terserap maksimal ke tanaman.

    Begitu juga pada musim panas, kita melakukan pemupukan dan belum genap 2 x 24 jam kita siram dengan air karena takut akan panas yang terik. Maka hal tersebut tentunya membuat pupuk tersebut tidak terserap oleh akar tanaman. Yang benar adalah, pada waktu musim panas, tanah pastikan kering, kemudian kita kocor dengan pupuk NPK, dan diamkan selama 2 x 24 jam agar meresap dan terserap sempurna sehihngga hasilnya bunga akan keluar dengan lebat.

Demikian tips yang bisa kita sharingkan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi para penghobi bougenville.

Baca Juga : Cara Merawat Bougenville