Jumpa lagi di situs TanamanBuah, pada kali ini saya akan membahas bunga yang tidak asing di telinga kita yaitu Bougenville / Bugenvil. Bougenville ini kodratnya adalah bunga yang pasti berbunga tinggal bagaimana kita merawatnya agar rimbun dan selalu berbunga tiada henti. Itulah yang menjadi persoalan bagi para penghobby tanaman bunga ini, karena dalam kurun satu tahun hanya berbunga satu sampai dua kali. Tapi dengan perawatan yang sistematis dan baik tentunya bougenville bisa berbunga rimbun tiga sampai empat kali tergantung cuaca. Nah, berikut adalah tips cara merawat bougenville agar berbunga lebat.

Bunga Bougenville Berbunga Rimbun

4 Cara Perawatan Bunga Bougenville :

  1. Pemupukan. Setiap tumbuhan sudah dipastikan akan makan. Bagaimana bunga kertas ini akan berbunga lebat kalau makanannya tidak tercukupi ? jadi pupuk itu diutamakan agar muncul tunas baru, putik bunga yang baru dan berbunga rimbun. Cuma masalah nya adalah seberapa banyak pupuk yang diberikan dan kapan waktu yang tepat untuk diberikan. Tentunya ketika bougenville ini sudah berbunga, pemupukan ini diberikan setelah pemangkasan. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk kandang, pupuk kimia, pupuk perangsang yang penting kesemuanya itu adalah untuk memicu munculnya putik bunga pada bougenville ini.
  2. Pemangkasan. Kita harus rajin memangkas bunga bougenville ini ketika bunga nya sudah habis. Mana yang harus dipangkas ? yaitu ketika bunga sudah rontok / habis, karena ketika dipangkas maka akan muncul bunga di sela-sela durinya.

    Pemangkasa Rutin Bisa Menumbuhkan Bunga Baru

  3. Penyiraman. Siapa yang tidak butuh air ? manusia, hewan dan tumbuhan semuanya butuh air. Kalau kekurangan air, maka bunga ini akan rontok, gersang dan layu. Maka kita harus memberikan penyiraman di media tanam. Untuk waktu penyiramannya tergantung dari tujuan nya. Kalau tujuannya untuk pembungaan, kita harus menghentikan penyiraman selama kurang lebih empat sampai lima hari suapaya layu. Baru setelah itu disiram dicampur dengan pupuk tabur / siram. Tetapi kalau untuk perawatan, penyiraman dilakukan pada pagi hari. Kalau sedang berbunga maka siram nya cukup sekali pada pagi hari. Kalau musim penghujan tentunya tidak usah disiram.

    Penyiraman Yang Tepat Bisa Menumbuhkan Bunga Yang Lebat

  4. Penjemuran. Maksudnya letakkan bunga ini di tempat full matahari. Karena bunga bougenville ini kodratnya butuh sinar matahari seharian. Jadi letakkan di pekarangan yang sinar matahari nya penuh sehingga merangsang tumbuhnya putik-putik bunga dan yakinlah kalau hal tersebut dilakukan maka bunga akan selalu rimbun.

Demikian empat cara mudah dalam merawat bougenville agar berbunga rimbun. Semoga bisa memberikan informasi tambahan dan salam semangat para penghobi bunga di seluruh Indonesia.