Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua semoga diberikan kesehatan sehingga bisa beraktifitas berkebun dan bercocok tanam. Pada postingan kali ini kita akan membahas 3 cara menanam bunga matahari untuk memperkuat ekosistem kebun.

Bunga matahari ini adalah termasuk kategori tanaman insect attractant sehingga semua jenis serangga sangat suka dengan bunga ini mulai dari ulat, belalang, kodok, kadal dan lain sebagainya. Sehingga kita bisa memanfaatkan bunga ini sebagai pengalih binatang pengganggu agar fokus untuk hinggap di tanaman ini sehingga tidak mengganggu tanaman lainnya. Jadi bunga matahari ini multifungsi, selain untuk dipanen biji kuaci nya, bisa juga untuk penanggulangan hama terpadu.

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Benih bunga matahari itu ada di dalam bunga nya. Benih bunga matahari ini terdapat di bagian tengah bunga yang sudah kering. Jadi didalam satu bunga ini banyak sekali benih biji bunga matahari yang siap untuk kita tanam. Penampakannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Benih Bunga Matahari

Benih Bunga Matahari

Nah, kita mulai untuk pembahasan cara semai bunga matahari ini. Sebenarnya ada 3 cara yang bisa kita gunakan.

  1. Cara yang pertama yaitu kita semai satu per satu. Jadi kita tanam biji bunga matahari ini satu lubang untuk satu benih. Cara ini relatif lebih mudah, dan bahan yang digunakan juga bisa didapat di sekitar. Kita bisa menggunakan botol bekas mineral atau tray semai.
    Semai Benih Matahari dengan Tray

    Semai Benih Matahari dengan Tray

    Jika kita menggunakan plastik bekas air mineral kita bisa tunggu sampai tumbuh 4 daun sejati, kemudian langsung bisa pindah ke pot atau tanah. Tetapi kalau memakan tray semai, bisa langsung menyemai banyak sekaligus dan minim media tanam. Tetapi, kalau memakai tray semai harus pindah tanam beberapa kali. Misal ketika benih sudah semai sekitar 2 minggu, kita bisa langsung pindah ke botol kecil dan apabila sudah tumbuh daun sejati baru kita repotting lagi ke pot yang lebih besar.

    Semai Benih Matahari dengan Botol

    Semai Benih Matahari dengan Botol

  2. Cara yang kedua yaitu semai serentak. Teknik ini cocok jika anda ingin menyemai benih bunga matahari secara banyak, namun ragu akan kualitas dari benih itu sendiri. Caranya sendiri juga cukup simple. Kita bisa siapkan nampan semai kemudian diberi media tanam dan dibuat bedengan dengan menggaris dengan alat atau jari. Lalu masukkan benih bunga matahari dan tutup dengan media tanam.
    Semai Benih Matahari Serentak

    Semai Benih Matahari Serentak

    Nah, kalau benih tersebut sudah mulai berkecambah nanti kita bisa pisahkan satu persatu untuk dipindahkan ke pot yang lebih besar agar pertumbuhan lebih optimal.

  3. Cara yang ketiga yaitu kita sebarkan saja ke tanah / pekarangan. Cara ini lebih cocok bagi anda yang tidak mau ribet dan mempunyai pekarangan yang langsung terkena sinar matahari seharian secara full. Tapi cara ini memang lebih besar beresiko, karena tidak bisa dipindahkan otomatis ketika benih belum berkecambah bisa saja dimakan serangga atau hewan lainnya. Anggap saja cara yang terakhir ini adalah cara paling alami dari seleksi alam.

    Semai Benih Matahari di Pekarangan

    Semai Benih Matahari di Pekarangan

Jangan lupa untuk disiram sehabis menanam benih bunga matahari. Kemudian kapan bunga matahari akan mulai mekar? Sebenarnya mekarnya bunga matahari tergantung dari masing-masing keunikan benih dan juga cuaca. Kalau musim kemarau dia akan lebih cepat mekar, tetapi kalau musim hujan dia akan menjulur tinggi dulu kemudian baru mekar.

Tetapi kalau bunga matahari ini sudah di pindah tanam / repotting, biasanya akan mulai mekar sekitar 2 sampai 3 bulan. Didalam satu batang bunga matahari nanti akan ada beberapa batang yang lebih kecil, sehingga setiap batang akan terdapat bunga, akan tetapi biasanya bunga yang paling besar ada di batang utama. Lihat gambar berikut ini :

Bunga Matahari Mekar

Bunga Matahari Mekar

Kalau kita telat untuk memindah tanam, kemungkinan besar bunga matahari kita akan kurang sempurna pertumbuhannya. Sehingga postur lebih pendek dan bunga lebih kecil. Itulah mengapa ketika benih bunga matahari sudah mempunyai 4 daun sejati, kita wajib untuk pindah tanam / repotting ke pot yang lebih besar atau langsung ke tanah.

Nah, itulah 3 cara mudah untuk menanam bunga matahari di rumah. Siapapun bisa berkebun di rumah saja, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog tanamanbuah.com ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Peace Lily